Hamid Rizal Resmikan Puskesmas di Subi dan Serasan Timur

Bupati Foto bersama Kepala UPT Puskesmas Subi dan para petugas medis.

Bupati Foto bersama Kepala UPT Puskesmas Subi dan para petugas medis.

Natuna, LintasKepri.com – Bupati Natuna H. Abdul Hamid Rizal melakukan kunjungan kerja (Kunker) ke Kecamatan Subi. Jum’at (02/02/2018) pagi.

Kunker orang nomor satu ke Subi tersebut, didampingi oleh istri tercinta Hj. Nurhayati Hamid Rizal, beberapa pimpinan OPD seperti Kadis PU Tasrif Amran, Kadis Perkim Agus Supardi, Kadis Kesehatan Rinaldi, Kadis Pertanian Tengku Tambusai, Kadis Kominfo Raja Datmika, Kadis Sosial PPPA Kartina Riawita, Kadisdikpora Marka Dj dan sejumlah pejabat lainnya. Selain itu, juga turut hadir Wakil Ketua I DPRD Natuna Hadi Candra dan anggota DPRD lainnya Joharis Ibro.

Dalam lawatannya, Hamid Rizal meresmikan 2 unit UPT Puskesmas Subi dan UPT Puskesmas Serasan Timur, yang merupakan bantuan dari Kementerian Kesehatan, melalui dana alokasi khusus (DAK).

Bantuan ini, kata Hamid, merupakan program Nawacita Presiden Jokowi, yaitu membangun dari daerah pinggiran. Pembangunan Puskesmas tipe C ini, sangat membantu masyarakat di perbatasan dan terpencil, untuk mendapatkan hak layanan kesehatan dengan baik.

Hamid Rizal tandatangani prasasti UPT Puskesmas Subi dan Serasan Timur.

Hamid Rizal tandatangani prasasti UPT Puskesmas Subi dan Serasan Timur.

“Dengan terbangunnya Puskesmas yang bagus ini, diharapkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat Subi dan Serasan Timur, juga lebih bagus. Dan harapan saya asset yang telah ada ini, kiranya dijaga dan dirawat dengan baik,” ungkap Hamid Rizal.

Hamid juga mengingatkan, agar masyarakat Natuna senantiasa mengkonsumsi ikan dan hindari makanan yang bisa menyebabkan hypertensi, seperti pasek (kerang yang telah difermentasi), kepiting serta siput.

Sementara itu Kepala UPT Puskesmas Subi, Junaidi menjelaskan, Puskesmas yang dipimpinnya saat ini telah memiliki 1 orang dokter umum, 1 orang bidan, 17 orang perawat umum, 1 orang perawat gigi, 2 orang analis kesehatan, 1 orang asisten apoteker, 2 orang kesling dan 1 orang SKM.

“Meski sudah terdapat beberapa tenaga medis, namun kami harap akan ada penambahan tenaga medis lagi, agar kami bisa maksimal memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat,” harap Junaidi.

Gedung Puskesmas Subi ini, menghabiskan anggaran Rp 2,5 milyar, Puskesmas Serasan Timur Rp 4,5 milyar dan Puskesmas Pulau Laut sebesar Rp 9 milyar, yang diperoleh dari Kementerian Kesehatan melalui DAK Pusat tahun anggaran 2017.

Selain meresmikan Puskesmas, Bupati juga menyempatkan diri untuk meninjau gedung UPT Dinas Pendidikan dan KUA, serta menyerahkan kartu asuransi nelayan secara simbolis untuk masyarakat Subi.

Laporan : Erwin Prasetio

Baca juga :

Top