Gugus Tugas Kepri Berhasil Lacak 29 Penumpang Satu Pesawat dengan Pasien COVID-19

Juru Bicara Gugus Tugas COVID-19 Kepri, Tjetjep Yudiana. Foto: Ihsan.

Kepri, LintasKepri.com – Gugus Tugas COVID-19 Provinsi Kepulauan Riau (Kepri), telah melacak dan mengambil swab terhadap 29 orang penumpang pesawat Garuda Indonesia yang berangkat pada Rabu (8/7) lalu.

Hal tersebut dilakukan menyusul salah satu penumpang pesawat itu berinisial Su (52) positif COVID-19.

“Alhamdulillah 29 penumpang sudah kita lacak dan kita ambil swabnya,” kata Juru Bicara Gugus Tugas COVID-19 Kepri, Tjetjep Yudiana, di Karimun, Jumat (17/7).

Dia menjelaskan, hasil swab terhadap 29 orang penumpang tersebut sudah keluar, namun belum semua.

“Sudah beberapa hasilnya keluar. Alhamdulillah tidak ada yang positif. Begitu juga kru pesawat,” terang Tjetjep yang juga Plt Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kepri.

Sebelumnya Plt Wali Kota Tanjungpinang Rahma, mengatakan bahwa setelah 45 hari tidak ada penambahan kasus baru, dan Jumat (10/7) lalu ada penambahan satu kasus baru.

Pasien tersebut berinisial Su (52) warga Tanjungpinang. Berdasarkan penelusuran, pasien tersebut baru pulang dari Kongo dan sampai di Tanjungpinang pada Rabu (8/7) menggunakan pesawat Garuda Indonesia.

Setelah sampai di Bandara Raja Haji Fisabilillah (RHF) Tanjungpinang, Su bergegas menuju RSUD Raja Ahmad Tabib (RAT) untuk melakukan rapid test dan hasilnya reaktif.

“Kemudian Su kita lakukan test PCR dan hasilnya positif COVID-19. Maka dari itu kita tetapkan Su sebagai Orang Tanpa Gejala (OTG),” kata Rahma dalam pers rilisnya kemarin.

(san)