Pemko Tpi

Gubernur Kepri Buka MTQ Kecamatan Tanjungpinang Timur

MTQ Kecamatan Tanjungpinang Timur.
MTQ Kecamatan Tanjungpinang Timur.

Tanjungpinang, LintasKepri.com – Gubernur Kepulauan Riau (Kepri) Nurdin Basirun, membuka Musabaqoh Tilawatil Qur’an (MTQ) ke-XIII tahun 2019 tingkat Kecamatan Tanjungpinang Timur, Senin (18/3) malam.

Acara berlangsung di Taman Batu 10 Kelurahan Air Raja, Kecamatan Tanjungpinang Timur. Sebelumnya MTQ dijadwalkan dibuka oleh Walikota Tanjungpinang Syahrul.

”Dengan rasa hormat dan atas permintaan Walikota Tanjungpinang Syahrul sendiri, maka saye membuka MTQ Ke-XIII tingkat Kecamatan Tanjungpinang Timur. Terimakasih pak walikota,” kata Nurdin Basirun dalam sambutannya.

Dia mendukung keinginan dari Pemerintah Kota Tanjungpinang untuk membuat Qur’an Centre di Tanjungpinang atas permintaan walikota.

“Tapi bukan hanya Qur’an Centre, saye ingin juga Tanjungpinang yang merupakan Ibukota Provinsi Kepri unggul di segala bidang seperti wisata, pembangunan, dan lain sebagainya,” ucap Nurdin.

Ia merasa bangga diundang langsung oleh Camat Tanjungpinang Timur untuk hadir pada pelaksanaan MTQ tingkat kecamatan.

“Ditingkat kelurahan pun kalau diundang saye akan hadir kalau tidak ada kegiatan lainnya,” katanya.

Nurdin ingin Al Qu’ran menjadi inspirasi pembangunan masyarakat Kepri. Kedepan ia meminta antara Pemerintah Provinsi Kepri dengan Pemerintah Kota Tanjungpinang saling bersinergi.

Ditempat yang sama, Walikota Tanjungpinang Syahrul, mengucapkan terimakasih kepada Gubernur Kepri yang telah mendukung keinginan dari Pemerintah Kota Tanjungpinang untuk membuat Qur’an Centre.

“Berbicara keagamaan pada MTQ ini, pak Gubernur Kepri sangat konsen dan Pemerintah Kota Tanjungpinang juga ingin mengikuti jejak pak gubernur saat memimpin sebagai Bupati Karimun pada zamannya mempunyai Qur’an Centre,” kata Syahrul.

img-20190319-wa0081Dia menambahkan, adanya Qur’an Centre di Tanjungpinang tepatnya di sekitar rumah Dinas Senggarang, dapat menciptakan Qori dan Qoriah penghafal Al-Quran.

“Mari terus kita membangun ukwah dan berpikir positif yang berpedoman kitabullah sehingga kita merasa damai,” tutur Syahrul.

Ia juga berharap seluruh umat muslim di Kota Tanjungpinang, khususnya anak anak yang merupakan generasi penerus bangsa, dapat tumbuh menjadi pribadi yang Qur’ani.

Sementara itu, Plt Camat Tanjungpinang Timur Bobby Wira Satria dalam sambutannya mengucapkan terimakasih kepada Gubernur Kepri Nurdin Basirun yang telah hadir pada MTQ ke-XIII tingkat Kecamatan Tanjungpinang Timur.

img-20190319-wa0084Kegiatan ini, katanya, bertujuan meningkatkan pemahaman tentang Qurani untuk masyarakat hingga generasi muda.

“Selain memberikan pemahaman terhadap generasi muda dan masyarakat tentang Al-Qur’an, juga sebagai ajang seleksi untuk menuju MTQ tingkat Provinsi Kepri,” kata Bobby.

Pada MTQ ini memperlombakan cabang Tilawah, Hifzil Qur’an, Tafsir, Tahfizul, hadist, dan lain-lain.

MTQ ke-XIII kali ini mengambil tema “Dengan semangat MTQ ke XIII tahun 2019, Kita Jadikan Al-Quran Sebagai Sumber Inspirasi Pembangunan Guna Mewujudkan Tanjungpinang yang Religius dan Berbudaya”.

Selain dihadiri Gubernur Provinsi Kepri Nurdin Basirun, MTQ ke-XIII Kecamatan Tanjungpinang Timur juga dihadiri Wakil Walikota Tangjungpinang Rahma, Ketua Tim Penggerak PKK Tanjunngpinang, Kepala OPD dilingkungan Pemerintah Kota Tanjungpinang, Camat, Lurah dan para undangan lainnya.

(Iskandar)