Empat Pemuda Asal Kepri Diundang Dalam Kongres Pendidikan di Jepang

LPP Gurindam web

Tanjungpinang, LintasKepri.com – Empat Pemuda yang tergabung dalam satu tim asal Provinsi Kepulauan Riau diundang dalam Kongres Pendidikan Asia Internasional Academic Forum (IAFOR) 2021 di Tokyo, Jepang pada 25-28 November 2021 mendatang.

Empat pemuda tersebut yaitu Khalil Gibran yang merupakan lulusan dari Universitas Batam (UNIBA), Said Muammar Bayukarizki yang merupakan lulusan dari Rajamangala University of Technology Srivijaya (RMUTS) Thailand, Afifah Faradila yang merupakan lulusan dari Universitas Maritim Raja Ali Haji (UMRAH), dan Noviyanti Soleman yang merupakan lulusan dari Khon Khaen University (KKU) Thailand dengan judul penelitian “Education Resilience in Facing Pandemic COVID-19”.

Salah satu peserta yang diundang, Said Muammar Bayukarizki, menceritakan awal mula diundang pihak panitia harus mengikuti proses seleksi terlebih dahulu.

“Awalny kami perlu mengajukan judul yang sesuai dengan tema serta acara dan sudah pasti adalah sebuah penelitian. Judul kemudian direview oleh beberapa reviewer yang ahli dalam bidangnya seperti professor,” ujar Said kepada LintasKepri, Jumat (8/10).

Setelah itu mereka diminta untuk mengajukan abstrak yang mencakup keseluruhan permasalahan, metode yang digunakan, hingga hasil penelitian.

“Abstrak kemudian direview untuk ditentukan apakah layak dan masuk kualifikasi. Abstrak kami sempat mengalami 1 kali minor revision, setelah itu hasil penelitian kami resmi dinyatakan layak untuk dipaparkan pada November di Tokyo,” tutur Said.

Said juga mengungkapkan jika tim mereka merupakan satu-satunya yang berasal dari Indonesia.

“Mohon doanya agar perjalanan kami di Tokyo berjalan lancar dan bisa mempromosikan Provinsi Kepulauan Riau,” pinta Said.

Seperti diketahui, Forum Akademik Internasional (IAFOR) sejak 2009 ini telah menyambut lebih dari 40.000 akademisi ke konferensi interdisipliner yang diadakan di seluruh dunia.

Ilmuan dari berbagai negara turut serta didalamnya, karena kongres ini rutin diselenggarakan setiap tahunnya. IAFOR menghubungkan peneliti dari berbagai negara melalui konferensi untuk membantu kolaborasi global dan interdisipliner.

IAFOR telah berhasil menyelenggarakan konferensi di Tokyo, Osaka, Kobe Kyoto (Jepang), London Brighton (UK), Barcelona (Spanyol), New York, Virginia, Rhode Island Hawaii (AS), Hong Kong (Hong Kong SAR), Singapura, dan Dubai (UEA).

(*)