Ditengah Pandemi COVID-19, Anak-anak Tanjungpinang Boyong 2 Penghargaan Nasional

Pemko Tpi
FAKTA saat Video Conference bersama Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, I Gusti Ayu Bintang Darmawati.

Tanjungpinang, LintasKepri.com – Kota Tanjungpinang lagi-lagi mendapatkan penghargaan tingkat nasional.

Kali ini penghargaan tersebut diraih oleh Forum Anak Kota Tanjungpinang (FAKTA). Bahkan, FAKTA meraih dua penghargaan sekaligus. Yaitu, Forum Anak terbaik dalam perencanaan pembangunan se-Indonesia dan Forum Anak Kota terbaik se-Indonesia.

Penghargaan tersebut diserahkan secara online oleh Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, I Gusti Ayu Bintang Darmawati, Selasa (25/8).

Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Pemberdayaan Masyarakat (DP3APM) Kota Tanjungpinang, Raja Khairani, mengaku takjub dengan kinerja FAKTA ditengah pandemi COVID-19 saat ini. Terlebih, mampu bersaing secara sehat di tingkat nasional.

“Dalam meraih penghargaan ini, banyak kriteria yang harus dijalani oleh anak-anak. Salah satunya adalah jambore anak dan partisipasi anak-anak dalam pembangunan,” tutur Raja Khairani di Aula Kantor Wali Kota Tanjungpinang.

Ia menilai, FAKTA juga berpartisipasi dan inovasi dalam pembangunan daerah.

“Salah satunya saat Musrenbang mereka mengusulkan beberapa hal. Seperti ruang terbuka hijau serta sekretariat mereka. Alhamdulillah pemerintah kota sangat mendukung,” katanya.

Senada dengan Raja Khairani, Pembimbing FAKTA, Elvi Arianti, mengatakan, untuk mendapatkan penghargaan itu, para anak-anak yang dibimbingnya perlu waktu panjang.

Dalam Musrenbang usulan FAKTA disetujui oleh Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) menjadi nilai tambah oleh Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak.

“Mungkin ini yang menjadikan Tanjungpinang punya nilai plus karena suara hati anak itu didengar,” tuturnya.

(san)