Disnakertrans Natuna Kecipratan 2 Paket Pelatihan Kerja dari BLK Padang


img-20181203-wa0007

Natuna, LintasKepri.com – Dinas Ketenaga Kerjaan dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Natuna, pada tahun 2018 ini, mendapat 2 paket Pelatihan Kerja bagi masyarakat Natuna, dari Balai Latihan Kerja (BLK) Padang, Sumatera Barat.

Kedua paket Pelatihan Kerja tersebut, meliputi pelatihan las dan otomotif roda dua.

Demikian disampaikan oleh Kadisnakertrans Natuna, H. Hussyaini. Dijelaskannya, bahwa pelatihan kerja ini, akan dilaksanakan selama satu bulan per masing-masing paket.

img-20181203-wa0008

“Yang pelatihan mengelas sudah selesai dilaksanakan. Sekarang tinggal pelatihan otomotif roda dua, yang dimulai tanggal 21 November, dan selesai tanggal 21 Desember,” terang Hussyaini, saat ditemui diruang kerjanya, Senin (03/12/2018) siang.

Hussyaini mengatakan, bahwa masing-masing paket latihan kerja tersebut, melibatkan 16 orang peserta, yang tersebar di sekitar Pulau Bunguran Besar, hingga ke Kecamatan Pulau Tiga dan Pulau Tiga Barat.

“Paket pelatihan kerja las 16 orang dan otomotif 16 orang, keseluruhannya 32 orang. Berhubung program ini mendadak, kami hanya melibatkan anak-anak dari Kecamatan Pulau Bunguran Besar dan Pulau Tiga. Tahun depan baru kita libatkan anak-anak kita yang dari Serasan, Midai, Subi, Pulau Laut dan sekitarnya,” terang Hussyaini.

Bagi para peserta latihan ini, nantinya mereka langsung mendapatkan sertifikat kerja secara nasional.

img-20181203-wa0009

Mantan Kabag Umum tersebut menambahkan, bahwa seluruh biaya untuk pelatihan ini, ditanggung oleh BLK Padang. Mulai dari penginapan, makan minum, perlengkapan pelatihan hingga uang saku bagi peserta.

“Kita hanya menyiapkan tempat latihan dan SDM nya saja. Selebihnya ditanggung oleh BLK Padang,” katanya.

Dalam kegiatan ini, kendala yang dihadapi adalah peralatan dan suku cadang bagi pelatihan otomotif, yang susah didapatkan di Natuna. Sehingga harus mendatangkan dari luar daerah Natuna, yang memakan biaya dan waktu tambahan.

img-20181203-wa0017

Selain mendapatkan dua paket pelatihan kerja dari BLK Padang, pihak Disnakertrans Natuna juga telah mengirimkan 4 orang untuk mengikuti pelatihan di bidang Cool Storage di Balai Besar Pengembangan dan Latihan Kerja (BBPLK) Kota Bekasi, Jawa Barat.

“Tahun depan (2019, red) rencananya kita kembali mendapatkan pelatihan yang sama, dari BLK Padang, sebanyak 8 paket. Yang meliputi pelatihan menjahit, las, otomotif dan listrik,” pungkas Hussyaini.

Laporan : Erwin Prasetio

Baca juga :

Top