Disdik Tanjungpinang Siapkan PPDB 2020/2021 Secara Online

Kepala Dinas Pendidikan Kota Tanjungpinang Atmadinata.

Tanjungpinang, LintasKepri.com – Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Tanjungpinang tengah mempersiapkan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) untuk tahun ajaran 2020/2021 secara online.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Tanjungpinang Atmadinata, mengungkapkan, pihaknya sudah merancang sistem penerimaan murid baru SD dan SMP secara online.

Nantinya orang tua murid tidak ada yang mengambil formulir untuk daftar ke sekolah yang dituju. Begitu juga dengan pengumuman kelulusan siswa SD pada 15 dan 5 Juni untuk SMP.

“Kita umumkan melalui website Disdik. Sistem online kita rancang untuk menghindari kerumunan saat situasi pandemi COVID-19 ini,” ungkapnya di Aula SMPN 4 Tanjungpinang, Senin, (4/5).

Jadi, sambung Atmadinata, pengumuman kelulusan dan proses penerimaan murid baru dilakukan secara daring.

Menurutnya, jalur masuk PPDB tahun ini tetap memakai sistem 75 persen zonasi, 5 persen melalui jalur prestasi, 5 persen jalur perpindahan orang tua, dan 15 persen adalah bagi keluarga ekonomi tidak mampu.

“Tapi, yang bisa lintas zonasi itu untuk siswa yang berprestasi. Mereka mau masuk sekolah mana saja bisa,” pungkas Atmadinata.

Terkait jumlah kuota kursi sekolah, Atmadinata memastikan cukup untuk menampung semua siswa. Namun ia meminta agar masyarakat bisa memahami dan tidak bersikeras supaya anaknya bisa masuk ke sekolah tertentu.

“Saya imbau masyarakat untuk tidak memaksakan diri agar anaknya masuk ke sekolah yang dianggap favorit. Tolong dimengerti,” tegasnya.

Atmadinata menyebut, sistem zonasi itu supaya siswa lebih dekat pergi ke sekolah. Jadi, tidak perlu lagi mengeluarkan ongkos transportasi lebih untuk menuju ke sekolah.

(rls)