Dinsos PPPA dan Mandiri Salurkan Bantuan PKH kepada Warga Serasan dan Serasan Timur

Kadis Sosial PPPA Natuna Hj. Kartina Riauwita saat memberikan bantuan PKH di Kecamatan Serasan secara simbolis.

Kadis Sosial PPPA Natuna Hj. Kartina Riauwita saat memberikan bantuan PKH di Kecamatan Serasan secara simbolis.

Natuna, LintasKepri.com – Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Dinsos PPPA) Kabupaten Natuna, bersama PT. Bank Mandiri, Tbk., menyalurkan Bantuan Program Keluarga Harapan (PKH) tahap II tahun 2019, kepada Keluarga Penerima Manfaat (KPM), atau keluarga yang kurang mampu.

Penyerahan bantuan tersebut dilaksanakan di Aula Kantor Camat Serasan dan Aula Kantor Camat Serasan Timur, pada Selasa (25/06/2019) siang.

Bantuan berupa uang tunai tersebut, diserahkan langsung oleh Kepala Dinsos PPPA Natuna, Hj. Kartina Riauwita, Camat Serasan yang diwakili oleh Sekcam Serasan, Wendriady, Camat Serasan Timur, Khaidir, Kapolsek Serasan Iptu Rambunsyah dan Karyawan PT. Bank Mandiri, serta disaksikan langsung oleh sejumlah Kepala Desa (Kades) dan masyarakat sebagai KPM.

Hj. Kartina Riauwita dalam sambutannya menjelaskan, bahwa PKH merupakan bantuan yang diperuntukkan kepada warga kurang mampu dari Pemerintah Pusat, melalui Kementerian Sosial (Dinsos) RI, yang disalurkan melalui Bank Konvensional, bekerjasama dengan Dinsos PPPA Natuna.

Penyerahan bantuan PKH di Kecamatan Serasan Timur secara simbolis.

Penyerahan bantuan PKH di Kecamatan Serasan Timur secara simbolis.

Dikatakan dia, bahwa PKH memiliki beberapa komponen sebagai kriteria untuk menyalurkan bantuan berupa uang tunai. Sehingga masing-masing keluarga, jumlah bantuan yang diterima tidak sama, tergantung pada jumlah komponen yang menjadi ketentuannya bagi keluarga penerima manfaat (KPM).

“Maksimal dalam satu keluarga hanya bisa mendapatkan 4 komponen. Komponen tersebut beragam, misalnya namanya sudah masuk basis data terpadu, punya anak balita, punya anak bersekolah, ibu hamil, merawat lansia diatas 70 tahun dan atau merawat keluarga penyandang disabilitas,” terang Kartina Riauwita.

Dari masing-masing komponen tersebut, lanjut Kartina, para KPM akan mendapatkan jumlah bantuan yang bervariasi. Misalnya Ibu hamil akan mendapatkan bantuan sebesar Rp 600 ribu, anak balita Rp 900 ribu, anak sekolah tingkat SMP Rp 1,5 juta, anak sekolah tingkat SMA Rp 1,8 juta, lansia dan penyandang disabilitas Rp 2,4 juta.

“Jadi bagi keluarga yang mempunyai 4 komponen seperti kriteria diatas, bisa mendapatkan bantuan yang lumayan besar. Bantuan tersebut dihitung pertahun. Dan maksimal hanya bisa mengeklaim 4 komponen saja,” sebut Kartina, menjelaskan.

Menyanyikan lagu Indonesia Raya, sesaat sebelum acara inti dimulai.

Menyanyikan lagu Indonesia Raya, sesaat sebelum acara inti dimulai.

Ada sebanyak 107 KPM asal dua Kecamatan yang berada di sebelah selatan Kabupaten Natuna, yang berhak mendapatkan bantuan PKH. Diantaranya 71 KPM dari Kecamatan Serasan dan 36 dari Kecamatan Serasan Timur.

Sementara itu Camat Serasan Timur, Khaidir, mengatakan, bahwa dirinya mewakili Pemerintah Kecamatan dan masyarakat penerima bantuan PKH, mengucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada Pemerintah Pusat, terutama Kementerian Sosial, yang telah memberikan bantuan kepada masyarakatnya yang hidup dibawah garis kemiskinan.

Ia berharap bantuan itu bisa membantu meringankan beban hidup bagi masyarakat diperbatasan, terutama yang tinggal di Kecamatan yang berbatasan langsung dengan negara Malaysia bagian timur tersebut.

Foto bersama Kapolsek Serasan, Iptu Rabunsyah.

Foto bersama Kapolsek Serasan, Iptu Rabunsyah.

“Terimakasih juga kami ucapkan kepada Kepala Dinas Sosial Natuna beserta rombongan, yang telah sudi berkunjung ke daerah kami, dengan menyerahkan langsung bantuan PKH dan memberikan sosialisasi Program BPNT (Bantuan Pangan Non Tunai, red), kepada masyarakat Serasan Timur,” ucap Khaidir, dalam sambutannya.

Ia juga berpesan kepada para penerima PKH, agar kiranya tidak pamer dengan warga lain yang belum berhak menerima. Hal ini untuk menghindari kecemburuan sosial dilingkungan masyarakat.

Khaidir juga mengakui, bahwa sebenarnya masih banyak warganya dengan ekonomi pas-pasan, yang juga layak untuk mendapatkan bantuan PKH tersebut.

Para pegawai Dinas Sosial PPPA Natuna yang hadir.

Para pegawai Dinas Sosial PPPA Natuna yang hadir.

“Karena yang dapat bantuan ini, adalah keluarga yang masuk dalam basis data lama. Sehingga yang dapat orangnya ya itu-itu saja. Padahal mungkin diantara mereka ada yang hidupnya sudah semakin membaik, dan ada pula keluarga lain yang lebih berhak mendapatkannya. Namun beberapa desa sudah mulai mendata ulang penduduknya, nanti akan kita sampaikan data yang baru,” pungkas Khaidir.

Kegiatan tersebut ditutup dengan kegiatan pemberian bantuan PKH secara simbolis, oleh Kepala Dinsos PPPA Natuna Kartina Riauwita, Camat Serasan Timur Khaidir, Kapolsek Serasan Iptu Rabunsyah, Wakil Ketua KPPAD Natuna Sulaiman, Sekretaris Forkomda Puspa Bahari Natuna Sugianto Utomo dan Perwakilan dari PT. Bank Mandiri.

Laporan : Erwin Prasetio

Baca juga :

    Top