Danlanal Ranai Minta Pers Natuna Ikut Cerdaskan Masyarakat Diperbatasan

LPP Gurindam web
Acara ramah tamah antara Danlanal Ranai dengan Insan Pers di Natuna.

Natuna, LintasKepri.com – Komandan Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Ranai, Kabupaten Natuna, Kolonel Laut (P) Dofir, menjalin silahturahmi dengan insan pers yang ada di Kabupaten Natuna, Provinsi Kepulauan Riau (Kepri), melalui acara Coffe Morning. Bertempat di Mess Tjiptadi Mako Lanal Ranai, Sabtu (11/09/2021) pagi.

Dalam kesempatan itu, Danlanal di dampingi oleh Palaksa Lanal Ranai, Letkol Laut (KH) Deny Ervest Hanung, SH., Pasintel Lanal Ranai, Mayor Laut (P) Hotma Hutahean, SH., Paspotmar Lanal Ranai, Mayor Laut (T) Teuku Faidil Sulung, SH, Pasminlog Mayor Laut (T) Agung Wijanarko, A.Md., Pjs. Danden Pomal Letda Laut (PM) Bambang, dan sejumlah Prajurit Lanal Ranai lainnya.

Turut hadir dari insan pers Natuna, Ketua Aliansi Jurnalistik Online Indonesia (AJOI) Natuna, Roy Parlin Sianipar, beserta anggota dan Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Natuna, Muhammad Rapi, beserta anggota.

Dalam sambutannya Kolonel Laut (P) Dofir, menyampaikan, bahwa selama dirinya menjabat sebagai Danlanal Ranai selama 17 bulan, baru kali ini menyempatkan diri untuk mengadakan silahturahmi dengan para awak media.

“Sebenarnya dari awal saya mau undang rekan-rekan media, tapi waktu itu messnya belum layak, saya malu. Alhamdulillah sekarang sudah direnovasi, makanya saya baru memberanikan diri. Jadi mohon maaf jika baru hari ini kita bisa bersilahturahmi,” ujar Dofir.

Sambutan Danlanal Ranai, Kolonel Laut (P) Dofir.

Dofir berpesan kepada seluruh insan pers di Kabupaten Natuna, agar dapat membantu mencerdaskan masyarakat, khususnya yang berada di wilayah perbatasan.

Sebab kata dia, Natuna memiliki potensi Sumber Daya Alam (SDA) yang sangat melimpah. Baik itu dari sektor Minyak dan Gas Bumi (Migas), Kelautan dan Perikanan, Pertahanan maupun dari sektor Pariwisata.

Untuk itu perlu adanya peran penting dari para insan pers, untuk memberikan edukasi kepada masyarakat melalui informasi maupun berita-berita yang sifatnya positif dan membangun.

“Jadi nantinya masyarakat bisa mimilah-milah berita mana yang layak dan yang tidak layak, untuk dijadikan sumber referensi,” kata Dofir.

Perwira melati tiga asal Pulau Madura, Jawa Timur itu juga berharap para awak media dapat memberikan informasi, terkait adanya potensi yang dapat mengganggu keamanan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Danlanal Ranai, Kolonel Laut (P) Dofir, saat foto bersama insan pers didaerah perbatasan.

“Mari bersama-sama kita membangun daerah Natuna ini, sesuai fungsi dan bidang kita masing-masing. Pers adalah filter kelima dalam pembangunan suatu daerah,” tandas Dofir.

Sementara itu Ketua PWI Natuna, Muhammad Rapi, mengatakan, bahwa pers juga memiliki peranan penting dan strategis dalam menjaga kedaulatan negara. Sebab kata dia, berita-berita akurat yang disuguhkan para awak media, dapat menjadi sumber informasi penting bagi Pemerintah, Forkopimda maupun masyarakat, dalam mengantisipasi munculnya gangguan keamanan yang dapat mengancam kedaulatan NKRI.

“Wartawan cerdas, pembaca waras,” ucap Rapi, mengawali sambutannya.

Maksudnya, kata Rapi, setiap wartawan atau jurnalis harus dapat memberikan informasi yang akurat, netral dan berimbang. Sehingga para pembaca berita dapat memperoleh informasi sesuai fakta dan mampu menambah wawasan.

“Pada intinya kami (insan pers, red) akan selalu mensuport Forkopimda. Kami akan berusaha mencerdaskan masyarakat melalui pemberitaan yang positif dan membangun,” pungkas Rapi.

Acara Coffe Morning antara Danlanal Ranai dan awak media, diisi dengan ramah tamah dan foto bersama. (Erwin)