disdik kota

Dandim Natuna Takuti Pelajar Perbatasan dengan Efek Penggunaan Narkoba

Acara penyuluhan Wasbang, Bahaya Narkoba
Acara penyuluhan Wasbang, Bela Negara, Bahaya Narkoba dan KB Kesehatan, dalam rangka Karya Bhakti Binter Terpadu 2019 wilayah Kodim 0318/Natuna.

Natuna, LintasKepri.com – Komandan Kodim 0318/Natuna Letkol (Czi) Ferry Kriswardana, S.Sos., M.Tr., (Han), memberikan pembekalan dan wawasab, mengenai efek negatif yang ditimbulkan akibat mengkonsumsi narkoba.

Hal itu disampaikan Damdim Natuna, saat mengisi materi sosialisasi Wawasan Kebangsaan (Wasbang), Bela Negara, KB Kesehatan bagi Reproduksi Remaja dan Bahaya Narkoba, kepada ratusan pelajar tingkat SLTA yang ada di Kecamatan Pulau Tiga Barat, Kabupaten Natuna, Provinsi Kepulauan Riau (Kepri).

Kegiatan yang dipusatkan di Gedung Serbaguna Desa Tanjung Kumbik Utara, pada Senin (04/11/2019) pagi itu, digelar dalam rangka kegiatan Karya Bhakti Binter Terpadu tahun anggaran 2019, diwilayah Kodim 0318/Natuna.

Dalam amanatnya Ferry menuturkan, bahwa narkoba sangat berbahaya bagi para penggunanya. Efek negatif yang ditimbulkan oleh barang haram itu, sangat lah luar biasa. Bahkan bisa sampai merusak masa depan bagi mereka yang sudah kecanduan narkoba jenis apapun.

Hal itu disampaikan Ferry, supaya para pelajar yang ada didaerah perbatasan tersebut, bisa takut untuk menggunakan narkoba, yang mampu merusak masa depan mereka kedepan.

Dandim 0318/Natuna duduk bersama Camat Pulau Tiga Barat dan para narasumber.
Dandim 0318/Natuna duduk bersama Camat Pulau Tiga Barat dan para narasumber.

“Jangan sekali-sekali adik-adik semua mencoba atau mengkonsumsi yang namanya narkoba. Apapun jenisnya, itu sangat berbahaya bagi kesehatan, bahkan bagi masa depan,” tutur Ferry dihadapan para pelajar.

Ferry mengaku tidak ingin, jika para pelajar di Indonesia, khususnya yang ada di Kabupaten Natuna, rusak masa depannya akibat menggunakan narkoba.

“Adik-adik pelajar, ikutilah kegiatan ini dengan baik, semoga adik-adik semua di jauhi dari yang namanya narkoba, kejarlah cita-cita mulia kalian. Ingat, masa depan adik-adik ada di diri adik-adik sendiri. Pokoknya jangan pernah mendekati apalagi mencoba mengkonsumsi narkoba. Hindari kegiatan negatif sejak dini, sebelum menyesal dikemudian hari,” pesan Ferry kepada para pelajar.

Terkait materi Wasbang, jelas Ferry, bahwa khususnya jajaran TNI-AD siap membina dan membentuk masyarakat yang berkarakter dan berwawasan kebangsaan, guna menumbuhkan rasa cinta terhadap tanah air, dan mempererat Kebhinneka Tunggal Ika-an dalam menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Dengan demikian, Ferry mengajak agar seluruh masyarakat Natuna, khususnya pada para pelajar yang ada di Kecamatan Pulau Tiga Barat, supaya dapat melakukan hal-hal yang positif dan berguna bagi bangsa dan Negara.

“Wujudkanlah persatuan dan kesatuan. Jangan pernah ada perbedaan suku, ras, agama, budaya dan lainnya, bersatulah demi NKRI yang kita cintai ini,” tegas Ferry.

Suasana kegiatan berjalan dengan baik dan sesuai rencana.
Suasana kegiatan berjalan dengan baik dan sesuai rencana.

Sementara itu Camat Pulau Tiga Barat, Idris, dalam sambutannya mengaku kegiatan tersebut sudah lama ditunggu-tunggu bagi masyarakat dan pelajar yang ada didaerahnya.

Selain memberikan pemahaman yang positif bagi para pelajar, kata Idris, kegiatan itu juga berpengaruh pada perkembangan Sumber Daya Manusia (SDM) terutama bagi para penerus generasi bangsa tersebut.

“Kami memang berharap sejak dulu kegiatan positif seperti ini bisa dilaksanakan di daerah kami. Dan semoga dengan adanya kegiatan ini, para pelajar dan seluruh masyarakat bisa jauh dari Narkoba,” harap Idris.

Kegiatan yang mengangkat tema “Memberdayakan Wilayah Pertahanan Melalui Kegiatan Binter Terpadu Guna Memantapkan Ruang, Alat dan Kondisi Juang Yang Tangguh” itu, menghadirkan narasumber dari sejumlah Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang ada dilingkungan Pemerintah Daerah Kabupaten Natuna. Seperti Dinas Kesehatan, Bakesbangpol, DPMPD dan Perkim.

Kegiatan tersebut juga dihadiri oleh Pasi Log Kodim 0318/Natuna Kapten (Arh) Setya Budi, sejumlah Kades dan BPD se-Kecamatan Pulau Tiga Barat serta Kepala Sekolah SMAN 1 Pulau Tiga Barat.

Laporan : Erwin Prasetio