Dampingi Camat Bunguran Utara, Danramil 03/Sedanau Safari Ramadhan ke Pulau Seluan

Rombongan Camat dan Danramil 03/Sedanau ketika tiba di Pulau Seluan.

Rombongan Camat dan Danramil 03/Sedanau ketika tiba di Pulau Seluan.

Natuna, LintasKepri.com – Komandan Komando Rayon Militer (Danramil) 03/Sedanau, Kapten (Arm) Bambang Hendratno, melaksanakan kunjungan Safari Ramadhan 1440 Hijriyah ke Desa Seluan Barat, Kecamatan Bunguran Utara, Kabupaten Natuna, Provinsi Kepulauan Riau (Kepri). Pada Rabu (15/05/2019) petang.

Dalam kunjungan tersebut, Danramil 03/Sedanau mendampingi Camat Bunguran Utara, Izhar, yang melakukan Safari Ramadhan pada puasa ke 10 hari, bulan suci Ramadhan 1440 H.

Selain itu, Kapten (Arm) Bambang Hendratno, juga ditemani oleh 2 orang Anggotanya, yaitu Serda Jimson Pangaribuan dan Praka Irwanpay Situmorang, sebagai Bintara Pembina Desa (Babinsa) Seluan Barat.

Rombongan Safari Ramadhan tersebut berangkat dari Pelabuhan Kelarik Selahang, dengan menggunakan perahu motor (pompong). Setibanya di Pulau Seluan, rombongan mendapatkan sambutan hangat dari Para Kepala Desa di Seluan, tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh adat dan sejumlah masyarakat setempat.

Buka puasa bersama di Masjid Ar-Raja'a Desa Seluan Barat.

Buka puasa bersama di Masjid Ar-Raja’a Desa Seluan Barat.

Setibanya di Pulau yang terkenal dengan komoditas cengkehnya tersebut, rombongan langsung menuju ke Masjid Ar-Raja’a Desa Seluan Barat, untuk mendengarkan kuliah tujuh menit (Kultum) agama oleh Ustadz Asnawi, seraya menunggu waktu berbuka puasa.

Usai melaksanakan buka puasa bersama dan sholat magrib berjamaah, kegiatan dilanjutkan dengan sholat isya’ dan tarawih berjamaah, sebelum akhirnya diisi dengan sambutan Camat Bunguran Utara dan Kepala Desa Seluan Barat.

Dijelaskan Danramil 03/Sedanau Kapten (Arm) Bambang Hendratno, bahwa kegiatan Safari Ramadhan merupakan budaya umat muslim yang ada di Kabupaten Natuna, dan selalu diagendakan pada setiap masuknya bulan suci Ramadhan, oleh Pemerintah ditingkat Kecamatan hingga Kabupaten.

Dengan adanya Safari Ramadhan seperti ini, diharapkan dapat menjadi ajang untuk merajut tali silahturahmi antar umat muslim, dan memupuk rasa persaudaraan diantara mereka.

Suasana Safari Ramadhan di Desa Seluan Barat, Kecamatan Bunguran Utara.

Suasana Safari Ramadhan di Desa Seluan Barat, Kecamatan Bunguran Utara.

“Kami sangat mengapresiasi dan mendukung kegiatan Safari Ramadhan ini. Ini merupakan bukti kerukunan antar umat muslim yang ada didaerah perbatasan, seperti Kabupaten Natuna. Kami harap kegiatan keagamaan seperti ini, bisa terus dipertahankan, agar menjadi tauladan bagi anak cucu kita, sebagai generasi penerus bangsa,” ungkap Kapten (Arm) Bambang Hendratno.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Kepala Kantor Urusan Agama (KUA) Bunguran Utara, Asnawi, para Kepala Desa dan BPD yang ada di Pulau Seluan, para staff Camat, tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh adat dan sejumlah masyarakat Seluan.

Laporan : Erwin Prasetio

Baca juga :

    Top