Damkar Tanjungpinang Beri Penyuluhan Penanggulangan Kebakaran Seminggu Sekali Cuma-Cuma

Petugas Damkar saat memberikan penyuluhan penanggulangan kebakaran.

Tanjungpinang, LintasKepri.com – Demi menghindari bencana kebakaran sejak dini, Pemerintah Kota Tanjungpinang melalui Pemadam Kebakaran (Damkar) memberikan penyuluhan penanggulangan bencana kebakaran setiap minggunya secara cuma-cuma kepada masyarakat setempat.

Kepala Bidang Penanggulangan Kebakaran Tanjungpinang, Nanang Herry Kuswanto menuturkan, tujuan dari penyuluhan penanggulangan bencana yang diberikan pihaknya tersebut agar masyarakat mengerti tentang tata cara menanggulangi kebakaran bangunan yang sering terjadi akibat kepanikan masyarakat.

“Biasanya masyarakat panik saat melihat api yang mulai membesar. Seperti kebocoran gas pada kompor gas,” ucapnya, Sabtu.

Petugas Damkar saat memberikan penyuluhan penanggulangan kebakaran.

Kata Hery bentuk penyuluhan yang dilakukan pihaknya tersebut seperti cara menanggulangi kebocoran gas yang sering menjadi penyebab kebakaran dan juga beberapa teknik penyelamatan diri saat terjadi kebakaran yang besar.

“Jadi, kami berikan contoh kepada masyarakat seperti cara memadamkan api yang menyala akibat kebocoran gas dengan cara memadamkan dengan kain basah,” katanya.

Pihaknya juga menerima apabila pihak-pihak swasta seperti hotel-hotel dan juga instansi yang ingin mendapatkan penyuluhan penanggulangan bencana dari petugas Damkar.

Petugas Damkar saat memberikan penyuluhan penanggulangan kebakaran disalah satu hotel di Tanjungpinang.

“Kalau untuk swasta sudah ada beberapa hotel yang kami berikan penyuluhan. Untuk instansi pemerintah, kemarin juga sudah yakni dengan pihak Pengadilan Negeri Tanjungpinang. Jadi, bagi siapa yang ingin mendapatkan penyuluhan ini dapat datang langsung ke kantor kami,” paparnya.

Hery pun berpesan agar masyarakat di Kota Tanjungpinang dapat mengkontrol alat-alat yang dapat menimbulkan api yang berada di rumah ataupun ditempat kerja supaya tidak terjadi bencana kebakaran yang tidak diinginkan siapapun.

“Jika ingin keluar rumah, terlebih dahulu mengecek kompor gas, lampu agar dimatikan, dan mengkontrol terlebih dahulu alat-alat yang menimbulkan api sebelum meninggalkan rumah atau kantor masing-masing,” katanya.

(M. Danu)

Baca juga :

Top