Dahulu Petugas Kebersihan, Kini Terpilih Sebagai Anggota DPRD Tanjungpinang

Novaliandri Fathir.
Novaliandri Fathir.

Tanjungpinang, LintasKepri.com – Novaliandri Fathir, yang akrab disapa Fathir, pernah bekerja sebagai petugas kebersihan di Rumah Sakit Dr. Soetomo Surabaya sebelum terpilih sebagai Anggota DPRD Kota Tanjungpinang Periode 2019-2024.

Fathir menjadi salah satu dari 30 penghuni rumah wakil rakyat DPRD Tanjungpinang di Senggarang, Tanjungpinang, Kepulauan Riau untuk 5 tahun kedepan.

Dilahirkan di Tanjungpinang, 27 November 1986 silam, putra pertama dari pasangan Alm. Syafrian dan Misnaneli ini, dibesarkan dari keluarga pendidik yang hidup sederhana.

Ayahnya pernah bekerja sebagai Guru Fisika di SMA Negeri 2 Tanjungpinang. Sedangkan ibunya sampai sekarang masih menjadi Kepala Sekolah SMP Negeri 7 Tanjungpinang, Kepulauan Riau.

Fathir menyelesaikan pendidikan dasar hingga menengahnya di Kota Tanjungpinang. Selepas tamat SMA di tanah kelahiran, Fathir tidak langsung melanjutkan studi ke jenjang yang lebih tinggi seperti kuliah. Ia lebih memilih bekerja guna memenuhi kebutuhan hidup.

Mandiri dan tidak mau merepotkan kedua orang tuanya itu, sebagai anak pertama Fathir merasa memiliki tanggung jawab besar terhadap keluarganya.

Surabaya adalah tempat perantauan pertama Fathir. Disana ia bekerja sebagai petugas kebersihan di Rumah Sakit Dr. Soetomo Surabaya kurang lebih setahun.

Selama menjalani profesi tersebut, Fathir tidak merasa malu. Ia bahkan memiliki tekad yang kuat untuk berjuang dalam hidup perantauan.
Ketekunan merupakan salah satu prinsip dasar dalam hidup Fathir.

“Karena ketekunan dalam bekerja akan menghantarkan kita kepada kesuksesan,” katanya, Minggu (1/9).

Setelah bekerja sebagai petugas kebersihan (cleaning service), Fathir kemudian diterima bekerja di salah satu perusahaan pelayaran di Batam. Ia ditempatkan sebagai pengawas lapangan saat itu. Usaha dan kerja keras Fathir berbuah manis ketika ia mulai dipercaya menjadi Admin dan HRD di Perusahaan Tambang Batu Granit.

Novaliandri Fathir saat foto bersama warga beberapa waktu lalu saat kampanye sebagai Caleg DPRD Tanjungpinang 2019.
Novaliandri Fathir saat foto bersama warga beberapa waktu lalu saat kampanye sebagai Caleg DPRD Tanjungpinang 2019.

Dari sinilah karir Fathir melejit seperti roket hingga sekarang. Ia sukses menjadi Head of HRD atau Manajer Personalia.

Sukses dalam pekerjaan, tak membuat Fathir lupa akan pentingnya pendidikan. Di tahun 2008, tepat 4 tahun setelah tamat SMA, Fathir memutuskan untuk melanjutkan Studi Ilmu Hukum di Universitas Satria, Makasar.

Bagi Fathir mengambil jurusan hukum adalah modal penting baginya. Menurutnya, segala sesuatu dalam hidup ini harus dilandasi dengan aturan.

Prinsip inilah yang menghantarkan Fathir sukses menamatkan Pendidikan Strata 2 (S2) Ilmu Hukum di Universitas Batam.

Keberhasilan Fathir dalam menamatkan gelar Master tak lepas dari peranan kedua orang tuanya yang berprofesi sebagai pengajar.

Fathir selalu ingat pesan ibunya. Sang ibu tercinta berpesan “Jangan pernah letih dalam belajar dan menuntut Ilmu, karena Pendidikan adalah kunci dari sebuah Keberhasilan”.

Kepiawaian Fathir dalam mengelola perusahaan juga diimbangi dengan keaktifannya dalam bermasyarakat. Fathir aktif di beberapa Organisasi Kemasyarakatan seperti Majelis Dakwah Islamiyah Provinsi Kepulauan Riau, MKGR, dan juga berkecimpung sebagai Pengurus Real Estate Indonesia.

Di dunia politik, Fathir dipercaya partainya menjadi Bendahara DPD Partai Golkar Tanjungpinang. Kecintaannya terhadap tanah kelahiran, Tanjungpinang, membuat Fathir tergerak mengabdikan diri.

“Saya ingin menjadi bagian dari perubahan kota ini dan ingin menjadi Sahabat Rakyat agar mampu memperjuangkan aspirasi masyarakat,” tuturnya.

Berkat semangat dan perjuangannya, kini Fathir sukses duduk menjadi Anggota DPRD Kota Tanjungpinang dari Partai Golongan Karya (Golkar) pada pemilihan legislatif 2019, meraih 1209 suara dari Dapil Tanjungpinang Timur.

Amanah masyarakat yang dipercayakan kepadanya akan menjadi sebuah perjuangan baru bagi Fathir agar dapat memajukan tanah kelahirannya itu. Selain itu juga berbuat untuk masyarakat Tanjungpinang menjadi lebih sejahtera.

Selamat buat Fathir dan para Anggota DPRD Tanjungpinang terpilih lainnya. Semoga amanah menjalankan tugas dan fungsi sebagai wakil rakyat.

(dar)