Bupati Lingga Sampaikan Pesan Moral Jelang Pemilihan Kades Serentak

DPRD Lingga
Lingga Kab
Bupati Lingga, Muhammad Nizar.

Lingga, LintasKepri.com – Menjelang pemilihan serentak kepala Desa Bulan Juli mendatang Muhammad Nizar Bupati Kabupaten Lingga sampaikan pesan moral kepada seluruh bakal Kepala Desa yang ikut bertarung.

Muhammad Nizar mengatakan, meski sedang dalam masa Pandemi Covid-19 di beberapa daerah di Kabupaten Lingga, ajang Pemilihan Kepala Desa atau Pilkades tetap akan di lansungkan.

Pemilihan Kepala desa dengan Pilkada hanya beda tipis saja, meskipun pilkades ruang lingkupnya tidak seperti Pilkada, namun bisa saja berpotensi menimbulkan gangguan keamanan.

Dalam berkompetisi tentu harus siap
menang dan siap kalah, untuk itu kepada semua calon Kepala desa, agar menciptakan kondisi yang kondusif selama masa tahapan administrasi, maupun pada pelaksanaan pemilihan nanti.

“Jadi untuk para calon Kepala desa yang sudah menampakan diri di tiap-tiap desa harus bisa memberikan rasa nyaman dan keamanan serta contoh yang baik kepada pemilihnya,” Pesan Nizar, kepada calon Kades di 75 desa yang ikut bertarung, Sabtu (12/06).

Dia juga menghimbau, sebagai seorang calon kepala desa, harus berlaku sopan dalam menyampaikan program kerja, yang bisa menjadi motivasi kepada masyarakat agar tidak saling menjatuhkan, menjelekkan suku, agama, ras.

“Apalagi mengancam untuk menjatuhkan lawan sehingga dapat menimbulkan kebencian atau rasa sakit hati antar sesama warga. Karena masing-masing masyarakat punya hak dalam menentukan pilihan serta dukungannya, apa lagi ruang lingkup desa itu rata-rata saudara, kerabat dan kekeluargaan,” sebutnya.

Lanjut Nizar, Kades terpilih harus mampu menghadapi kondisi saat ini, ditengah masa pandemi Covid-19 pengelolaan anggaran desa harus di atur sebaik mungkin, baik di segi pembangunan, maupun giat pencegahan penyebaran covid-19.

Agar di setiap desa menjalin kerja sama dan komunikasi yang baik antara Pemdes dan Pemda, TNI-Polri, serta OPD teknis untuk kelancaran pelaksanaan Pilkades tersebut.

“Berikan inovasi-inovasi dengan produk unggulan kepada masyarakat, supaya dapat mengangkat potensi ekonomi di desa masing-masing di tengah Pandemi Covid-19,” pungkasnya.

(rls)