BP Tanjungpinang Dorong Kemenhub Bangun Pelabuhan Tanjung Moco

Kepala Badan Pengusahaan Kawasan Tanjungpinang, Den Yealta.

Kepala Badan Pengusahaan Kawasan Tanjungpinang, Den Yealta.

Tanjungpinang, LintasKepri.com – Badan Pengusahaan (BP) Kawasan Tanjungpinang mendorong Kementerian Perhubungan untuk melaksanakan pembangunan pelabuhan Tanjung Moco Dompak, Kepulauan Riau, yang merupakan pelabuhan ekspor bongkar muat kontainer di kawasan Free Trade Zone (FTZ) di Tanjungpinang.

“Kami dari BP Kawasan wilayah Tanjungpinang terus mendorong pemerintah pusat melalui Pemerintah Provinsi Kepri untuk secepatnya membangun pelabuhan Tanjung Moco,” kata kepala Badan Pengusahaan Kawasan Tanjungpinang Den Yealta, Selasa (11/9).

Dia menjelaskan, sebelumnya BP Kawasan Tanjungpinang sudah berkoordinasi dengan Kementerian Perhubungan Pusat karena pelabuhan Tanjung Moco sudah masuk dalam RPJM Pusat anggaran APBN.

Selain itu juga, sambung Den Yealta, lokasi pelabuhan Tanjung Moco yang berada di Pulau Dompak merupakan wilayah kawasan perdagangan bebas.

“Karena itu juga kita menginginkan di Tanjungpinang yang merupakan ibukota Provinsi Kepri ada pelabuhan ekspor,” tegasnya.

Den Yealta menjelaskan, wilayah Dompak Tanjungpinang tersebut memiliki lahan sekitar 1.300 hektar.
Para pemilik lahan siap menghibahkan lahannya sehingga beberapa investor siap berinvestasi di kawasan itu.

“Salah satu investor yang telah kita datangkan untuk berinvestasi di wilayah ini yaitu pembangun pabrik rokok, dan sekarang lagi tahap pembangunan,” ungkapnya.

Den Yealta membeberkan akan ada beberapa investor lagi berinvestasi di wilayah Pulau Dompak.

“Dan tentunya pelabuhan ekspor sangat dibutuhkan disana,” ucapnya.

(dar)

Baca juga :

Top