Pemko Tpi

BMKG Himbau Pengguna Transportasi Waspadai Hujan disertai Petir

Peta dan Logo BMKG
Peta dan Logo BMKG

Tanjungpinang, Lintaskepri.com – Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menghimbau kepada pengguna transportasi darat, laut dan udara agar waspada terhadap potensi hujan lebat disertai petir.

“Berdasarkan pantauan streamline terdapat pusaran Siklonik di sekitar perairan Natuna yang dapat berdampak pada pertumbuhan massa uap air di wilayah Kepri dan Bintan pada khususnya, hal ini menunjukkan potensi pembentukan awan yg cukup kuat. Sehingga diperkirakan terjadi hujan ringan hingga sedang disertai petir dan kilat serta angin kencang pada siang maupun sore hari,” kata Prakirawan Cuaca BMKG Kota Tanjungpinang, Bhakti Wirakusumah melalui pesan singkat ponselnya kepada Lintaskepri.com, Senin (9/11).

Dia menjelaskan, ketinggian gelombang di perairan Kepri secara umum untuk Tanjungpinang dan Batam mencapai 0.8 hingga 1.3 meter. Sedangkan perairan Bintan dan Lingga pada level 0.8 – 1.3 meter. Untuk perairan Anambas dan Natuna mencapai 1.0 hingga 2.0 meter.

“Dari pantauan titik api (Hotspot) berdasarkan satelit terra aqua pada pagi hari ini terpantau titik api di Sumatra sekitar 21 titik api. Di Kalimantan terpantau 26 titik api dari pengamatan visibility atau jarak pandang mendatar secara normal untuk melakukan aktivitas,” terang Bhakti.(Rie/Syah)