Bisri: Melepas APD Tidak Sesuai Prosedur Jadi Penyebab Tenaga Kesehatan Tertular COVID-19

LPP Gurindam web
Kepala Bidang Sumber Daya Kesehatan Dinas Kesehatan Provinsi Kepri, Muhammad Bisri.

Kepri, LintasKepri.com – Selama pandemi COVID-19 ini, cukup banyak tenaga kesehatan di Provinsi Kepri terpapar virus corona. Bahkan, ada yang kehilangan nyawa disaat pasien corona membutuhkan tenaga medis.

Akibat cukup banyaknya tenaga kesehatan yang tertular virus corona berdampak terhadap pelayanan ke masyarakat. Seperti beberapa puskesmas, IGD, ICU sempat tutup akibat itu.

“Tenaga kesehatan kita banyak yang terkena COVID-19. Untuk jumlah realnya saya tidak mengetahui persis. Karena, tiap hari terus bertambah,” ujar Kepala Bidang Sumber Daya Kesehatan Dinas Kesehatan Provinsi Kepri, Muhammad Bisri kepada awak media di Pelantar 1 Tanjungpinang, Jumat (12/9).

Bisri mengungkapkan, tenaga kesehatan tersebut kebanyakan tertular akibat saat melepas Alat Pelindung Diri (APD) tidak sesuai prosedur.

“Ini harus berhati-hati. Mungkin mereka saat itu kelelahan sehingga saat melepas dan membuang APD ada yang tidak sesuai prosedur,” tuturnya.

Bisri berpesan agar tenaga kesehatan yang bertugas dapat menjalani prosedur yang berlaku. Selain itu mampu menjaga imun tubuh disaat sedang bertugas.

“Tenaga kesehatan juga sebaiknya selalu mengingatkan satu dengan yang lain. Selalu disipilin serta mengawasi di unit kerjanya masing-masing,” pintanya.

(san)