Besok, Pendaftaran PPDB Tingkat SMA/SMK/SLB se-Kepri Dibuka

Besok, Pendaftaran PPDB Tingkat SMA/SMK/SLB se-Kepri Dibuka
Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kepri, Andi Agung. Foto: Lintaskepri/Mfz

Lintaskepri.com, Tanjungpinang – Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tingkat SMA/SMK/SLB se-Provinsi Kepulauan Riau akan dibuka serentak pada 11-12 Juni 2024.

Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kepri, Andi Agung, menyampaikan pada periode ini pihaknya membuka tiga jalur PPDB. Yakni, jalur afirmasi untuk siswa dari keluarga kurang mampu, korban bencana alam, dan anak yatim/piatu dengan kuota 15 persen.

Kemudian, jalur prestasi baik di bidang akademik, non-akademik, dan olahraga sebesar 15 persen. Dan, jalur perpindahan orang tua 5 persen.

“Sementara untuk jalur zonasi denga kuota paling besar 65 persen akan dibuka 22 Juni 2024 mendatang,” ungkapnya, Senin (10/6).

Lebih lanjut ia menjelaskan, saat ini daya tampung sekolah negeri di Kepri tidak mencukupi untuk menerima semua pendaftar. Oleh karena itu, para calon siswa yang tidak diterima masuk ke sekolah negeri akan di alihkan ke sekolah swasta.

“Tahun kemarin, sekitar 5.800 siswa masuk ke sekolah swasta. Kami juga mempertimbangkan ketersediaan sarana prasarana dan guru yang masih belum memadai,” jelasnya.

Agung menambahkan, untuk mengantisipasi lonjakan siswa pada PPDB tahun ini, Disdik Kepri telah membangun 4 sekolah baru. Terutama, di Kota Batam yang memiliki jumlah penduduk tinggi.

“Tahun ini keempat sekolah baru itu sudah mulai menerima siswa baru,” sebut Agung.

Berdasarkan data Disdik Kepri, ada sekitar 35 ribu siswa lulusan dari SMP dan MTS negeri dan swasta di Kepri. Dari jumlah tersebut, Disdik memperkirakan sekitar 31 ribu siswa akan tertampung di sekolah negeri. (Mfz)

Editor: Ism