Bersua, Pemuda Muslim dan Pemuda Pancasila Singgung Rencana Musda KNPI Natuna

PC Pemuda Muslim Natuna saat bersilahturahmi dengan MPC Pemuda Pancasila Natuna.
PC Pemuda Muslim Natuna saat bersilahturahmi dengan MPC Pemuda Pancasila Natuna.

Natuna, LintasKepri.com – Pengurus Cabang Pemuda Muslimin Indonesia (PC Pemuda Muslim) Kabupaten Natuna, menjalin silahturahmi dengan para Majelis Pimpinan Cabang (MPC) Pemuda Pancasila Kabupaten Natuna. Pertemuan tersebut berlangsung di kediaman Sekretaris MPC Pemuda Pancasila Natuna Dardani Zulman, di Jalan Air Lebai, Kelurahan Ranai, Kecamatan Bunguran Timur, pada Minggu (24/11/2019) petang.

Ketua Pemuda Muslim Natuna Sugianto Utomo mengatakan, bahwa kunjungan silahturahmi ini dilakukan untuk mengawali program kerja Organisasi Kepemudaan (OKP) yang dipimpinnya, setelah kembali dihidupkan.

“Terus terang kepengurusan sebelumnya fakum, dari tahun 2018 sampai tahun 2019. Namun sekarang kami sudah kembali dibentuk dan ingin menghidupkan kembali Pemuda Muslim ini di Natuna. Makanya kami ingin menjalin silahturahmi terlebih dahulu dengan lintas Organisasi yang ada, termasuk dengan Pemerintah Daerah dan Legislatif,” ujar Sugianto atau yang akrab disapa Yanto.

Yanto menuturkan, bahwa pihaknya bertekad memberikan kontribusi untuk masyarakat dan Daerah Kabupaten Natuna, melalui berbagai kegiatan positif yang menyangkut keagamaan. Salah satunya dengan melakukan pembinaan kepemudaan, seperti menghidupkan kembali remaja Masjid dan Mushola yang ada di Kabupaten Natuna.

Tampak para PC Pemuda Muslim dan MPC Pemuda Pancasila Natuna saat bertemu dan membahas rencana kerjasama kedepan.
Tampak para PC Pemuda Muslim dan MPC Pemuda Pancasila Natuna saat bertemu dan membahas rencana kerjasama kedepan.

Sementara itu Ketua MPC Pemuda Pancasila Natuna, Fadillah, mengucapkan terimakasih dan apresiasi atas kunjungan silahturahmi yang dilakukan oleh Pemuda Muslim Natuna dengan salah satu Organisasi Masyarakat (Ormas) tersebut. Kata Fadillah, silahturahmi ini menjadi langkah awal bagi kedua organisasi tersebut, untuk menjalin kerjasama yang baik dalam berbagai kegiatan positif kedepannya.

“Ini adalah awal yang baik, untuk saling berkontribusi membangun Daerah ini kearah yang lebih baik. Nanti kalau kami punya kegiatan, mohon kiranya bisa dibantu. Begitu juga sebaliknya, jika Pemuda Muslim punya kegiatan, InshaAllah kami akan senantiasa membantu. Intinya saling bekerjasama lah kedepannya, demi kemajuan Natuna,” ungkap Fadillah.

Disela-sela pertemuannya, Pemuda Muslim dan Pemuda Pancasila juga menyinggung soal rencana dilaksanakannya Musyawarah Daerah (Musda) Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kabupaten Natuna ke IV, yang rencananya akan digelar di Rumah Makan Sisi Basisir, Ranai, dari tanggal 3-5 Desember 2019.

Mereka berharap, agar KNPI dapat melibatkan berbagai OKP yang ada di Kabupaten Natuna, saat Musda nanti.

PC Pemuda Muslim dan MPC Pemuda Pancasila Natuna saat mendeklarasikan dukungan atas pelaksanaan Musda KNPI Natuna ke IV.
PC Pemuda Muslim dan MPC Pemuda Pancasila Natuna saat mendeklarasikan dukungan atas pelaksanaan Musda KNPI Natuna ke IV.

Namun mereka mengaku heran dengan KNPI, meski pelaksanaan Musda tidak lama lagi, namun belum ada pemberitahuan soal akan dilaksanakannya Musda tersebut kepada setiap OKP. Padahal KNPI merupakan wadah dan induk bagi para OKP yang bernaung dibawahnya.

Untuk itu kedua OKP dan Ormas itu mengharapkan, agar KNPI Natuna tidak hanya memirkan Pengurus Kecamatan (PK) KNPI, namun juga harus memikirkan sejumlah OKP yang saat ini fakum.

“Menurut saya kefakuman OKP di Natuna ini, adalah buntut dari kefakuman KNPI itu sendiri,” beber Fadillah.

Meski demikian, Pemuda Muslim dan Pemuda Pancasila, tetap akan mendukung pelaksanaan Musda ke IV KNPI Natuna, agar berjalan dengan lancar dan sukses, sesuai rencana.

Laporan : Erwin Prasetio