BBM Turun Tak Pengaruhi Harga Tiket Kapal

LPP Gurindam web
Pelabuhan Kabupaten Karimun
Pelabuhan Kabupaten Karimun

Karimun, LintasKepri.com – Harga BBM yang turun sejak 1 April 2016 lalu ternyata harga tiket transportasi laut jenis kapal secara keseluruhan belum menurunkan harga. Padahal sudah jelas aturan dari pemerintah pusat menginstruksikan untuk menurunkan harga tiket kapal sekitar 3 persen sejak turunya harga BBM.

Berdasarkan pantauan LintasKepri.com Jumat (8/4) di pelabuhan domestik Kabupaten Karimun ada beberapa agen penjualan tiket kapal belum menurunkan harga.

Untuk harga tiket Dumai Ekspress tujuan Tanjung Buton masih bertahan di angka Rp232.500.

“Memang segitu bang, belum ada turun atau naik,” kata salah seorang pekerja agen tiket Dumai Ekspress yang enggan menyebutkan namanya.

Ketika ditanya mengapa harga tiket di agen tersebut belum turun sedangkan harga BBM mengalami penurunan, pekerja agen tiket yang enggan menyebutkan namanya ini tak memberikan komentar banyak dengan alasan bukan kapasitasnya untuk berkomentar terkait hal itu.

Pelabuhan Kabupaten Karimun
Pelabuhan Kabupaten Karimun

Selanjutnya untuk tujuan Batam pada umumnya agen menurunkan harga sekitar Rp 5 ribu. Sedangkan harga tiket antar pulau di pelabuhan KPK juga terjadi demikian. Salah seorang agen tiket tujuan Buru dan Moro menuturkan harga tiket telah turun.

“Dari semalam untuk tujuan Buru menggunakan kapal Karomah II dan III, dulunya Rp 20 ribu sekarang Rp 19 ribu, dan tujuan Moro dengan kapal Buru Indah yang sebelumnya Rp 66 ribu sekarang Rp 63 ribu,” ujarnya kepada LintasKepri.com.

Untuk tiket tujuan Tanjung Batu belum mengalami penurunan bertahan di harga Rp 55 ribu.
(Zie)