Bawaslu Tanjungpinang Gelar Sosialisasi Pengawasan Pilkada 2020 Bersama Media Massa

Pemko Tpi
Bawaslu Tanjungpinang Gelar Sosialisasi Pengawasan Pilkada 2020 Bersama Media Massa, Jumat (16/10).

Tanjungpinang, LintasKepri.com – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Tanjungpinang menggelar sosialisasi pengawasan pemilihan kepala daerah (pilkada) 2020 bersama sejumlah media massa setempat, Jumat (16/10).

Ketua Bawaslu Kota Tanjungpinang, Muhammad Zaini, menuturkan, kesuksesan pilkada tentu saja tidak hanya ditentukan peranan dari pihak KPU dan Bawaslu sebagai penyelenggara, namun peran media massa juga sangat penting.

“Kesuksesan dan menghasilkan output pilkada yang berkualitas serta demokratis ada peran dari rekan-rekan media yang sangat strategis,” ucapnya.

Bawaslu berharap media dapat memberikan informasi yang edukatif dan turut mengawasi proses pilkada agar tercipta suasana yang kondusif.

Kata Zaini terdapat 5 hal setidaknya menentukan kesuksesan pilkada 2020.

Pertama, penyelenggaraan yang berintegritas, dimana KPU maupun Bawaslu mampu menjalankan tugasnya secara profesional.

Kemudian yang kedua, para kontestan peserta pilkada mengikuti aturan yang telah ditentukan dalam undang-undang dan PKPU agar pilkada berkualitas.

Ketiga, suksesnya pilkada juga ditentukan oleh pemilih yang cerdas.

“Makanya kita sangat berharap para pemilih bisa cerdas bukan menjadi objek dari pesta demokrasi,” tuturnya.

Keempat, lanjut Zaini, suasana aman, damai, nyaman dan kondusif juga penting. Karena, bila pilkada berlangsung dalam suasana kondusif, maka pilkada juga akan berlangsung secara demokratis.

Terakhir, informasi yang tersebar di masyarakat adalah edukasi yang sehat.

“Kita berharap kepada rekan-rekan media dapat memberikan informasi yang edukatif dan berimbang. Sehingga, terciptanya pilkada yang kondusif, berintegritas serta berkualitas,” ungkapnya.

(cho)