Batam Raih Penghargaan Kota dengan Perencanaan dan Pencapaian Terbaik 2024

Avatar
Batam Raih Penghargaan Kota dengan Perencanaan dan Pencapaian Terbaik 2024
Batam Raih Penghargaan Kota dengan Perencanaan dan Pencapaian Terbaik 2024. Foto: Diskominfo Batam.

Lintaskepri.com, Batam – Dalam ajang Penghargaan Pembangunan Daerah 2024, Batam berhasil meraih predikat sebagai Kota dengan Perencanaan dan Pencapaian Terbaik.

Penghargaan bergengsi ini diberikan langsung oleh Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) RI, Suharso Monoarfa.

Kepala Badan Perencanaan dan Penelitian Pengembangan Pembangunan Daerah (Bapelitbangda) Kota Batam, Dahlina Nopilawati, mengungkapkan rasa syukur atas prestasi yang diraih.

“Alhamdulillah, Batam sukses mendapat apresiasi dalam ajang Penghargaan Pembangunan Daerah 2024 dari Kementerian PPN atau Bappenas RI,” ujarnya pada Rabu (31/7/2024).

Dahlina menjelaskan bahwa proses penilaian penghargaan ini melalui tahapan yang sangat ketat, mulai dari tingkat provinsi hingga nasional.

Beberapa kriteria penilaian yang digunakan meliputi pencapaian target pembangunan, keterkaitan program dengan perencanaan, konsistensi dalam pelaksanaan, kelengkapan dan kedalaman perencanaan, serta inovasi yang diterapkan.

Selain itu, tim penilai juga melakukan wawancara dan verifikasi langsung untuk memastikan akurasi data dan informasi yang disampaikan.

Beberapa aspek yang dinilai dalam tahap ini antara lain perencanaan bottom-up, top-down, teknokratik, politik, akuntabilitas, dan inovasi.

Dengan memenuhi seluruh kriteria penilaian yang ditetapkan, Batam berhasil masuk dalam 10 besar kota terbaik di Indonesia dalam ajang penghargaan ini.

“Prestasi ini menjadi bukti nyata bahwa Batam telah berhasil menjalankan program pembangunan dengan baik dan terukur,” katanya.

Dahlina berharap penghargaan ini dapat menjadi motivasi bagi seluruh masyarakat Batam untuk terus bekerja sama membangun kota yang lebih baik.

“Semoga ke depan Batam bisa mempertahankan dan meningkatkan prestasi demi pembangunan Kota Batam,” ujarnya.(*)

Editor: Brm

banner 728x90

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *