Bagikan CPP, Sekda Minta Masyarakat yang Belum Dapat Tidak Iri Hati

Sekda Natuna Wan Siswandi, saat menyampaikan kata sambutan didepan warga penerima CPP.

Sekda Natuna Wan Siswandi, saat menyampaikan kata sambutan didepan warga penerima CPP.

Natuna, LintasKepri.com – Pemerintah Daerah Kabupaten (Pemdakab) Natuna, melalui Dinas Ketahanan Pangan, menyalurkan beras yang Cadangan Pangan Pemerintah (CPP) kepada sejumlah masyarakat.

Penyaluran CPP secara simbolis ini diserahkan langsung oleh Bupati Natuna, melalui Sekretaris Daerah (Sekda) Natuna, Wan Siswandi, disejumlah Desa dan Kelurahan yang ada di Kecamatan Bunguran Timur, pada Senin (02/12/2019) siang.

Kata Wan Siswandi, CPP ini merupakan program Pemerintah untuk mensiasati terjadinya musim-musim ekstrim, seperti musim angin utara dan selatan. Bantuan ini diberikan kepada warga yang masuk dalam kategori rawan pangan.

Didamping Kadis Ketahanan Pangan, Lurah, Babinsa dan Bhabinkamtibmas, Sekda Natuna serahkan CPP kepada warga secara simbolis.

Didampingi Kadis Ketahanan Pangan, Lurah Bandarsyah, Babinsa dan Bhabinkamtibmas Ranai, Sekda Natuna serahkan CPP kepada warga secara simbolis.

“Misalnya pada saat musim utara, sering terjadi keterlambatan pasokan pangan bagi masyarakat Natuna, makanya dibuatlah program ini. Karena pasokan pangan kita seperti beras, harus didatangkan dari luar daerah,” ujar Wan Siswandi, seperti dikutip dari natindonews.com.

Program ini, lanjut Sis, sudah diagendakan oleh Pemdakab Natuna pada Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) setiap tahunnya.

Sambung Sis, bahwa program ini sebagai bentuk kepedulian Pemdakab Natuna terkait masalah ketahanan pangan bagi masyarakat yang dianggap layak untuk menerimanya.

Wan Siswandi saat menyalami warga penerima CPP.

Wan Siswandi saat menyalami warga penerima CPP.

“Jadi yang belum mendapatkan CPP ini jangan iri hati dulu, InshaAllah ini akan berkelanjutan,” pesan Sis kepada masyarakat Natuna.

Sementara itu Kepala Dinas Ketahanan Pangan Natuna, Sri Hariningsih, menjelaskan, bahwa total keseluruhan CPP yang disalurkan tahun ini mencapai 7,8 ton.

“CPP ini sudah kita salurkan sebelumnya disejumlah Kecamatan. Untuk Kecamatan Bunguran Timur sendiri mencapai 2,7 ton,” ujar Sri.

Foto bersama penerima CPP yang ada di Desa Sungai Ulu.

Foto bersama penerima CPP yang ada di Desa Sungai Ulu.

Sri menuturkan, penyaluran CPP ini berdasarkan data yang diperoleh Dinas Ketahanan Pangan dari masing-masing Desa dan Kelurahan. Pasalnya kata dia, Desa dan Kelurahan lah yang mengetahui kondisi warganya yang layak maupun tidak untuk memperoleh CPP berupa beras tersebut.

“Bukan kami yang menentukan warga yang mendapatkan CPP itu, tapi langsung dari pihak Desa dan Kelurahan sendiri yang menentukannya,” pungkas Sri.

Untuk mensukseskan program ini, Pemdakab Natuna bekerjasama dengan Kantor Badan Urusan Logistik (Bulog) Cabang Ranai, Kabupaten Natuna.

Editor : Erwin Prasetio

Baca juga :

    Top