Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Dilantik sebagai Presiden dan Wakil Presiden RI 2024-2029

Lintaskepricom
Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Dilantik sebagai Presiden dan Wakil Presiden RI 2024-2029
Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Dilantik sebagai Presiden dan Wakil Presiden RI 2024-2029. Foto: X/erickthohir.

Lintaskepri.com, Tanjungpinang – Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka telah mengucapkan sumpah sebagai Presiden dan Wakil Presiden Republik Indonesia periode 2024-2029.

Keduanya resmi menjadi pemimpin tertinggi di Indonesia setelah dilantik dalam Sidang Paripurna MPR RI di Gedung Nusantara, Senayan, Jakarta, pada Minggu, 20 Oktober 2024.

Sidang Paripurna yang dipimpin oleh Ketua MPR Ahmad Muzani ini dimulai pada pukul 10.00 WIB.

Dalam prosesi tersebut, Prabowo terlebih dahulu mengucapkan sumpah jabatan, disusul oleh Gibran.

Pelantikan ini juga dihadiri oleh Presiden ke-7 RI Joko Widodo (Jokowi) dan Wakil Presiden ke-13 RI Ma’ruf Amin, yang turut menyaksikan momen bersejarah ini.

Setelah pengucapan sumpah, acara dilanjutkan dengan penandatanganan berita acara pelantikan oleh Presiden dan Wakil Presiden baru serta pimpinan MPR.

Penyerahan berita acara dilakukan oleh pimpinan MPR sebagai simbol serah terima jabatan.

Momen simbolis lainnya adalah pertukaran tempat duduk antara Presiden Jokowi dengan Prabowo, serta antara Wakil Presiden Ma’ruf Amin dengan Gibran.

Prosesi ini menandai secara resmi berakhirnya masa jabatan Jokowi dan Ma’ruf Amin pada periode 2019-2024, dan dimulainya kepemimpinan Prabowo dan Gibran sebagai Presiden ke-8 dan Wakil Presiden ke-14 Republik Indonesia.

Setelah pelantikan, Prabowo dijadwalkan menyampaikan pidato pertamanya sebagai Presiden ke-8 RI di hadapan Sidang Paripurna MPR.

Sebagai bagian dari tradisi, usai pelantikan, Prabowo-Gibran akan berangkat dari Gedung Parlemen menuju Istana Negara, Jakarta Pusat, dalam iring-iringan resmi.

Keduanya juga dijadwalkan menyapa masyarakat yang berkumpul di sepanjang rute menuju Istana.(*)

Editor: Brm

banner 728x90

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *