Wisata  

Tanjungpinang Genjot Pariwisata Edukasi Sejarah, Target Pelajar Batam

Avatar
Tanjungpinang Genjot Pariwisata Edukasi Sejarah, Target Pelajar Batam
Foto udara Jalan Merdeka. Pemko Tanjungpinang tengah menggenjot pariwisata berbasis edukasi sejarah. Foto: Dok Pemprov Kepri.

Lintaskepri.com, Tanjungpinang – Pemerintah Kota Tanjungpinang semakin serius dalam mengembangkan potensi pariwisata sejarah.

Pada rapat yang digelar pada Selasa (2/10/2024), Sekretaris Daerah Kota Tanjungpinang, Zulhidayat, memberikan dukungan penuh terhadap program wisata edukasi sejarah yang tengah digagas.

“Ini adalah langkah strategis untuk meningkatkan daya tarik wisata Tanjungpinang,” tegas Zulhidayat.

Ia berharap program ini dapat dikemas menarik dan menjadi produk unggulan daerah. nSalah satu target utama adalah menarik minat pelajar, terutama dari Batam.

“Potensi pelajar Batam sangat besar. Kita bisa manfaatkan ini untuk mengenalkan sejarah kaya Tanjungpinang, seperti kisah Hang Nadim,” ujar Zulhidayat.

Beberapa paket wisata edukasi telah disusun, antara lain menelusuri perkembangan pendidikan, menyusuri harmoni antaragama sejak zaman Kerajaan Riau-Lingga, menggali sejarah perdagangan dan pelabuhan dan juga menawarkan tur menarik, seperti “Gurindam Experience” di Pulau Penyengat, yang memadukan wisata sejarah dengan pembelajaran budaya Melayu.

Asisten Perekonomian dan Pembangunan, Elfiani Sandri, menekankan pentingnya kolaborasi antara sektor pendidikan dan pariwisata.

“Program ini harus menjadi media pembelajaran yang berkelanjutan, sekaligus meningkatkan kunjungan wisatawan,” ujarnya.

Dengan potensi yang besar, diharapkan wisata edukasi sejarah dapat menjadi ikon baru pariwisata Tanjungpinang.(*)

Editor: Brm

banner 728x90

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *