Presiden Jokowi Tinjau Hunian ASN di IKN

Avatar
Presiden Jokowi Tinjau Hunian ASN di IKN
Presiden Jokowi Tinjau Hunian ASN di IKN. Foto: BPMI/Setpres.

Lintaskepri.com, Tanjungpinang – Presiden Joko Widodo (Jokowi) meninjau salah satu tower hunian bagi aparatur sipil negara (ASN) di Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur.

Dalam kunjungan tersebut, Jokowi secara langsung mengamati fasilitas modern yang disiapkan untuk mendukung konsep smart city di ibu kota baru.

Vice President Wholesale Solution Bank BNI Pusat, Muin Fikri, menjelaskan bahwa Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) bekerja sama dengan Bank Negara Indonesia (BNI) telah mengembangkan platform digital untuk mengelola tower hunian ini.

Platform tersebut mengintegrasikan teknologi smart building, smart home, smart tenant, dan smart payment, yang semuanya dioperasikan melalui sistem digital yang canggih.

“Setiap ASN yang akan menghuni tower ini akan menerima email dengan QR code untuk verifikasi identitas, yang diintegrasikan dengan data NIK dari Dukcapil, memastikan penghuni teregistrasi dengan baik,” ungkap Muin Fikri.

Selain itu, setiap penghuni akan dibekali dengan aplikasi yang memungkinkan mereka untuk memesan berbagai layanan, seperti binatu, secara langsung dari tempat tinggal mereka.

Pembayaran semua layanan ini dilakukan melalui platform digital Wondr by BNI. Penghuni juga dapat melaporkan kebutuhan perbaikan dan menyampaikan keluhan secara digital, menjadikan proses pengelolaan lebih efisien dan responsif.

Untuk mendukung pengelolaan hunian yang lebih efektif, sebuah dashboard digital telah dikembangkan untuk memonitor status hunian, memeriksa kamar yang kosong atau terisi, dan mengawasi aktivitas penghuni di dalam kompleks. Semua ini dirancang untuk memastikan efisiensi dan kenyamanan dalam lingkungan yang modern dan terintegrasi.

Peninjauan Presiden Jokowi ini menegaskan komitmen pemerintah dalam menyediakan hunian ASN yang tidak hanya nyaman, tetapi juga dilengkapi dengan teknologi canggih yang mendukung gaya hidup modern. Langkah ini sejalan dengan visi IKN sebagai smart city yang efisien dan ramah lingkungan.(*)

Editor: Brm

banner 728x90

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *