Pemko Tpi

8,3 Miliar Disiapkan untuk Seragam Sekolah Gratis di Tanjungpinang, Kadisdik: Sudah Penetapan Pemenang Tender

Kepala Dinas Pendidikan Kota Tanjungpinang Atmadinata.

Tanjungpinang, LintasKepri.com – Anggaran pengadaan seragam sekolah gratis untuk siswa baru tingkat SD dan SMP di Tanjungpinang tahun ini disiapkan sebesar Rp8,3 miliar.

Proyek pengadaan itu juga sudah penetapan pemenang tender di Unit Kerja Pengadaan Barang Jasa (UKPBJ), kata Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Kota Tanjungpinang Atmadinata.

“Untuk pengadaan baju olahraga saat ini sedang dilakukan evaluasi dan untuk pakaian lainnya masih di kerjakan UKM (Usaha Kecil Menengah),” kata Atmadinata, di Kantor Bappelitbang Tanjungpinang, Selasa (9/6).

Dia menyebut, anggaran itu naik dibandingkan tahun lalu sebesar Rp7,6 miliar. Atmadinata optimis tahun ini pengadaan seragam sekolah gratis lebih baik dari tahun sebelumnya. Dirinya juga tak masalah jika Inspektorat ingin mengaudit nantinya.

“Kita optimis bisa lebih baik dari tahun lalu. Kalau Inspektorat mau audit, silahkan. Kita terbuka,” tegas Atmadinata.

Selain itu, dirinya mengklaim jika Dinas Pendidikan (Disdik) sudah melakukan evaluasi terhadap kendala pengadaan seragam sekolah gratis dari tahun ajaran sebelumnya.

Kendala tahun lalu, lanjut Atmadinata, adalah data terkait jumlah dan ukuran pakaian yang akan dibuat oleh penjahit. Sebab, tidak bisa diperkirakan.

“Lamanya menunggu data jumlah peserta didik perempuan dan laki-laki, termasuk ukuran pakaiannya, makanya menunggu data aslinya,” sebutnya.

Untuk penjahit yang lambat mengerjakan pada tahun lalu, kata Atmadinata juga sudah dievaluasi dan diganti dengan penjahit baru.

“Bagi penjahit yang lambat dalam pengerjaan, pengadaan, besok tidak lagi diikutkan dan diganti dengan yang baru,” tegasnya.

Pada tahun pertama (2019) lalu, program ini sudah terealisasi.

Diketahui, program seragam sekolah gratis itu merupakan janji politik Wali Kota dan Wakil Wali Kota Tanjungpinang terpilih Syahrul-Rahma saat kampanye di Pilwako tahun lalu.

Saat program ini dikenalkan ke publik Tanjungpinang, elektabilitas Syahrul-Rahma langsung melaju kencang bak roket saat itu.

Fakta membuktikan keduanya menang di Pilwako 2018, dan kini menjabat sebagai Wali Kota dan Wakil Walikota Tanjungpinang periode 2018-2023.

(san)