14 Sekolah di Natuna Ikuti Lomba PBB dan PPM HUT TNI ke 74 di Makodim

Dandim 0318/Natuna Letkol (Czi) Ferry Kriswardana, S.Sos., M.Tr., (Han) saat menjadi Inspektur Upacara, pada pembukaan Lomba PBB dan PPM HUT TNI ke 74.

Dandim 0318/Natuna Letkol (Czi) Ferry Kriswardana, S.Sos., M.Tr., (Han) saat menjadi Inspektur Upacara, pada pembukaan Lomba PBB dan PPM HUT TNI ke 74.

Natuna, LintasKepri.com – Sebanyak 14 Sekolah tingkat SMP dan SMA sederajat di Kabupaten Natuna, mengikuti lomba Peraturan Baris Berbaris (PBB) dan Peraturan Penghormatan Militer (PPM), di lapangan upacara Markas Komando Distrik Militer (Makodim) 0318/Natuna, Jalan Batu Sisir, Desa Sungai Ulu, Kecamatan Bunguran Timur, pada Rabu (18/09/2019) pagi.

Kegiatan tersebut digelar oleh Kodim 0318/Natuna, dalam rangka untuk memperingati Hari Ulang Tahun Tentara Nasional Indonesia (HUT TNI) ke 74.

Komandan Kodim 0318/Natuna, Letkol (Czi) Ferry Kriswardana, S.Sos., M.Tr. (Han) selaku Inspektur Upacara dalam pembukaan Lomba PBB dan PPM tingkat pelajar itu mengatakan, bahwa kegiatan tersebut bertujuan untuk memupuk rasa persatuan dan kesatuan antar anak bangsa.

Ferry mencontohkan, bahwa satu pleton pasukan PBB dan PPM, ibarat sebuah miniatur kehidupan berbangsa, yang memiliki kemajemukan atau keberagaman. Mulai dari keluarga yang berbeda, suku yang berbeda, pandangan dan pikiran yang berbeda serta tugas yang berbeda pula. Namun mereka semua memiliki tujuan yang sama.

Sambutan Bupati Natuna H. Abdul Hamid Rizal.

Sambutan Bupati Natuna H. Abdul Hamid Rizal.

“Selain itu, kegiatan ini juga untuk menanamkan rasa cinta terhadap tanah air, saling menghormati satu sama lain, disiplin dan untuk mempererat tali silahturahmi antar pelajar,” ujar Ferry Kriswardana.

Dandim berharap melalui lomba PBB dan PPM tersebut, dapat untuk memperkokoh persatuan dan kesatuan bangsa, dalam rangka menjaga keutuhan NKRI.

Pria asal Kabupaten Banyuwangi Jawa Timur itu juga berpesan kepada setiap peserta, agar selalu menjunjung tinggi sportifitas selama bertanding.

“Jadilah yang terbaik, tanpa harus mengenyampingkan yang lain. Jadilah pemenang dengan cara yang terhormat,” pesan Ferry Kriswardana, kepada para peserta.

Para peserta lomba PBB dan PPM dari tingkat SMP dan SMA sederajat

Para peserta lomba PBB dan PPM dari tingkat SMP dan SMA sederajat

Ia pun berharap kepada para generasi penerus bangsa dan masyarakat, agar ikut memperingati HUT TNI ke 74, untuk mengenang jasa para pahlawan yang telah gugur dalam memperebutkan kemerdekaan dari para tangan penjajah.

“Meski kita tidak ikut berjuang dalam memperebutkan Kemerdekaan ini, namun tidak ada salahnya kita ikut memperingati hari jadi TNI ke 74 tahun ini, sebagai bukti penghargaan kita terhadap para pahlawan bangsa,” pungkas Dandim.

Sementara itu Bupati Natuna H. Abdul Hamid Rizal, dalam sambutannya mengatakan, bahwa PBB dan PPM merupakan kegiatan yang sangat penting, untuk memupuk kedisiplinan bagi para pelajar.

Ia mengatakan, bahwa PBB dan PPM memang harus mulai diperkenalkan kepada anak, sejak mereka masih duduk dibangku sekolahan.

Bupati bersama para pimpinan FKPD, OPD dan para tamu undangan yang hadir.

Bupati bersama para pimpinan FKPD, OPD dan para tamu undangan yang hadir.

“Anak Natuna belum banyak yang masuk Tentara maupun Polisi. Semoga dengan adanya lomba PBB dan PPM ini, anak Natuna bisa termotivasi untuk masuk Tentara maupun Polisi,” ujar Hamid Rizal, dalam sambutannya.

Orang nomor satu di Bumi Laut Sakti Rantau Bertuah itu juga meminta kepada para generasi penerus bangsa, untuk ikut menjaga kedaulautan NKRI. Apalagi kata dia, Natuna merupakan daerah yang berbatasan langsung dengan tujuh negara di Asia.

“Anak-anak ku semua harus memiliki semangat juang dan patriotisme, yang tertanam dari hati kalian masing-masing. Kelak kalian lah yang akan menggantikan kami untuk mengurus daerah dan negara ini,” pesan Hamid Rizal.

Hadir dalam pembukaan lomba PBB dan PPM dalam rangka HUT TNI ke 74 di Makodim 0318/Natuna, Danlanud RSA Ranai, Kolonel (Pnb) Fairlyanto, Kapolres Natuna, AKBP Nugroho Dwi Karyanto, SIK., para pimpinan OPD, para Ibu Persit Kartika Candra Kirana, Pya Ardhya Garini, Jalasenastri, para guru pembina dari masing-masing sekolah serta para tamu undangan lainnya.

Berikut 14 sekolah yang mengikuti lomba PBB dan PPM di Makodim Natuna. Diantaranya SMPN 1 Bunguran Batubi, MTs N 2 Natuna, SMPN 1 Bunguran Timur Laut, MTs Ponpes Madinatunnajah Desa Binjai, SMPN 2 Bunguran Timur, SMPN 3 Bunguran Timur dan SMP Islam Nurul Jannah Bunguran Timur.

Selanjutnya dari tingkat SLTA, yaitu SMAN 2 Bunguran Barat, SMAN 1 Bunguran Timur, SMAN 1 Bunguran Timur Laut, SMAN 2 Bunguran Timur, SMAN 1 Bunguran Tengah, SMKN 1 Bunguran Timur dan MAN 1 Natuna.

Laporan : Erwin Prasetio

Baca juga :

    Top