Pemko Tpi

1000 Santri TPA dan TPQ Diwisuda Oleh Walikota

Lis Darmansyah, Walikota Tanjungpinang, memberikan piagam dan uang penghargaan kepada 12 Santriwan dan Santriwati terbaik,(22/10).
Lis Darmansyah, Walikota Tanjungpinang, memberikan piagam dan uang penghargaan kepada 12 Santriwan dan Santriwati terbaik,(22/10).

Tanjungpinang, Lintaskepri.com – Pemerintah Kota Tanjungpinang melalui Bagian Administrasi dan Kesejahteraan Rakyat (Kesra) menggelar Wisuda 1000 Santri TPA dan TPQ se-Kota Tanjungpinang. Walikota Tanjungpinang, Lis Darmansyah, membuka sekaligus mewisuda para satriwan dan santriwati di Lapangan Pamedan Ahmad Yani, Kamis (22/10).

Sejak pagi ribuan santri telah berkumpul didepan SMAN 2 untuk melaksanakan pawai wisuda. Dengan mengenakan pakaian toga, mereka berbaris rapi sambil bersalawat bergerak berjalan kaki menuju panggung utama.

Para santri terlihat riang mengikuti pawai wisuda tersebut. Mereka juga membawa spanduk dari masing-masing Kecamatan yang ada di Kota Tanjungpinang. Pawai tersebut mendapat sambutan hangat dari warga dan pengguna jalan, ditambah lagi dengan antusias orang tua santri yang tak mau ketinggalan mengabadikan moment anak-anak mereka pada pawai wisuda tersebut.

Setelah memasuki panggung utama ribuan santri pun disambut oleh Wakil Walikota Tanjungpinang,  Syahrul beserta istri, Sekretaris Daerah Kota Tanjungpinang, Riono,beserta istri, para Asisten, Staf Ahli, Ketua TP-PKK Kota Tanjungpinang, Yuniarni Pustoko Weni, Camat, serta Lurah.

“Kegiatan ini mampu mempelopori, mendorong dan mengembangkan upaya-upaya pembinaan guna membentuk karakter anak-anak soleh dan solehah dan berakhlak mulia, ini bisa menjadi fondasi yang kuat untuk generasi muda kedepan, sehingga nantinya mereka tidak terjerumus kepada hal-hal yang tidak diinginka ,” kata Lis.

Pelaksanaan kegiatan kali pertama ini, merupakan bentuk kepedulian Pemko untuk  membantu TPA/TPQ didalam kegiatan wisuda para santri, mereka nantinya akan mendapatkan sertifikat resmi dari pemerintah Kota Tanjungpinang dan ini bisa menjadi salah satu syarat bahwa mereka bisa mengaji,” Tuturnya.

Sementara itu, Wakil Walikota Tanjungpinang, Syahrul, mengatakan sebelumnya TPA/TPQ melaksanakan wisuda sendiri-sendiri, “Namun tahun ini, pemerintah kota mengkoordinir TPA/TPQ dalam memwisudakan santriwan dan santriwati dari TPA/TPQ se-Kota Tanjungpinang, hasil dari wisuda 1000 santri ini, mereka nantinya akan mendapatkan sertifikat dari pemko tanjungpinang,” ucapnya.

Syahrul berharap, dengan wisuda 1000 santri ini,  nantinya mereka harus terus dibina dan dipantau, supaya ilmu yang mereka peroleh dapat terus digali, sehingga 5 atau 10 tahun kedepan, akan menciptakan generasi yang handal Qur’ani.

Pelaksanaan wisuda 1000 santri di Kota Tanjungpinang pada hari ini, selain dalam rangka perayaan tahun baru Islam 1437 Hijriah juga bertepatan dengan Hari Santri Nasional. Acara wisuda 1000 santri tersebut, turut menghadirkan artis cilik religi dari Jakarta  Fawwaz Annafiz Arrahman. Dalam acara itu, Pemerintah Kota Tanjungpinang memberikan piagam dan uang penghargaan kepada 12 Santriwan dan Santriwati terbaik Kota Tanjungpinang.(Hum/Red)