Warga Natuna Bersyukur Terima BST dari Kemensos RI, Berharap Tahun Depan Ada Lagi

Sejumlah warga Ranai Kabupaten Natuna, saat mengantre untuk mengambil BST di Kantor Pos setempat.

Natuna, LintasKepri.com – Warga Kelurahan Ranai, Kecamatan Bunguran Timur, Kabupaten Natuna, Provinsi Kepulauan Riau (Kepri), mengaku sangat bersyukur, karena telah menerima Bantuan Sosial Tunai (BST) dari Pemerintah, melalui Kementerian Sosial Republik Indonesia (Kemensos RI).

BST merupakan program dari Kemensos RI, bagi warga kurang mampu yang terdampak pandemi Corona Virus Disaese 2019 (Covid-19).

Bantuan berupa uang tunai ini diberikan bagi masyarakat yang tidak terdaftar sebagai penerima Program Keluarga Harapan (PKH), Bantuan Langsung Tunai (BLT) maupun bantuan lain dari Pemerintah.

“Alhamdulillah, dapat juga bantuan dari Pemerintah, berupa BST,” ujar Ana (28), saat ditemui dikediamannya di Bandarsyah, Kecamatan Bunguran Timur, Kabupaten Natuna, Rabu (11/11/2020) siang.

Ana menyebutkan, sebelumnya ia sempat merasa iri, karena banyak rekan-rekannya yang lebih dulu menerima bantuan dari PKH, BLT maupun bantuan sembako lainnya.

Namun setelah dirinya terdaftar sebagai penerima BST sebesar Rp 1,8 juta, yang disalurkan Pemerintah untuk tahap 1, 2 dan 3, akhirnya ia tak lagi merasa iri dengan warga lainnya.

“Awalnya Rp 600 ribu perbulan, tapi tahap berikutnya Rp 300 ribu, sampai bulan Desember nanti. Tapi ya tetap disyukuri, sebab dapat membantu mencukupi kebutuhan keluarga,” ujarnya.

Ibu satu orang anak itu berharap, program BST terus diberikan oleh Pemerintah bagi warga kurang mampu seperti dirinya, hingga pandemi Covid-19 ini benar-benar berakhir.

“Mudah-mudahan tahun depan ada lagi, karena ini sangat membantu kami. Ya kan tau sendiri lah bang, musim korona ini susah nyari duit,” pungkasnya.

Data yang berhasil dihimpun oleh media ini, bahwa warga di Kabupaten Natuna yang tercatat sebagai penerima BST sebanyak 4.532 keluarga penerima manfaat (KPM).

“Alhamdulillah sampai sejauh ini penyalurannya masih lancar-lancar saja, karena kita bekerjasama dengan pihak Kantor Pos untuk penyalurannya,” terang Kepala Dinas Sosial Kabupaten Natuna, Puryanti, saat ditemui media ini diruang kerjanya, Senin (09/11/2020) kemarin. (Erwin)