Timnas Indonesia Melaju ke Ronde Ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026

Timnas Indonesia Melaju ke Ronde Ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026
Timnas Indonesia Melaju ke Ronde Ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026. Foto: PSSI.

Lintaskepri.com, Tanjungpinang – Tim Nasional Indonesia (Timnas) berhasil melaju ke ronde ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia, menjadi satu-satunya wakil dari ASEAN.

Namun, langkah Garuda di babak ini tak akan mudah. Thailand dan Vietnam, yang pernah mencapai fase ini di edisi Piala Dunia sebelumnya, harus menelan pil pahit menjadi bulan-bulanan.

Drawing ronde ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia akan digelar di Markas AFC, Kuala Lumpur, Malaysia pada 27 Juni mendatang. Timnas Indonesia masuk ke pot 6, yang berarti tim peringkat terbawah.

Nantinya, 18 tim akan dibagi menjadi tiga grup, dengan masing-masing grup berisi enam tim.

Dua tim teratas di setiap grup akan langsung lolos ke Piala Dunia 2026, sedangkan peringkat ketiga dan keempat akan melaju ke babak keempat.

Thailand di Piala Dunia 2018 dan Vietnam di Piala Dunia 2022 menjadi contoh wakil ASEAN yang pernah mencapai fase ini. Namun, nasib mereka tak mujur.

Di Piala Dunia 2022, Vietnam tergabung di Grup B bersama raksasa Asia seperti Arab Saudi, Jepang, Australia, Oman, dan China. Vietnam hanya mampu meraih satu kemenangan, satu seri, dan delapan kekalahan.

Mereka hanya mencetak delapan gol dan kebobolan 19 gol, sehingga harus puas di posisi buncit dengan empat poin.

Thailand di Piala Dunia 2018 bernasib tak jauh berbeda. Berada di Grup B bersama Jepang, Arab Saudi, Australia, Uni Emirat Arab, dan Irak, Thailand tak pernah menang, dua kali seri, dan delapan kali kalah.

Mereka hanya mencetak enam gol dan kebobolan 24 gol, sehingga harus puas di posisi buncit dengan dua poin.

Mampukah Timnas Indonesia melangkah lebih jauh di babak ketiga ini? Kita tunggu saja kiprah Garuda di bawah asuhan Shin Tae-yong.(*/Mfz)

Editor: Brm