Gol Bunuh Diri Belgia Antar Prancis ke Perempatfinal Euro 2024

Avatar
Gol Bunuh Diri Belgia Antar Prancis ke Perempatfinal Euro 2024
Gol Bunuh Diri Belgia Antar Prancis ke Perempatfinal Euro 2024. Foto: X/EURO 2024.

Lintaskepri.com, Tanjungpinang – Prancis berhasil melaju ke perempatfinal Euro 2024 setelah menumbangkan Belgia 1-0 di babak 16 besar.

Namun, kemenangan Les Blues kali ini diwarnai dengan catatan minor, yaitu belum satupun gol yang mereka ciptakan dari skema permainan terbuka.

Satu-satunya gol Prancis dalam pertandingan melawan Belgia dicetak oleh Randal Kolo Muani di menit ke-85.

Baca juga: Portugal Lolos ke Perempatfinal Euro 2024 Lewat Adu Penalti Lawan Slovenia

Gol tersebut, dihitung sebagai own goal karena bola mengenai kaki Jan Vertonghen dan berbelok arah hingga mengecoh kiper Belgia, Koen Casteels.

Ini adalah kedua kalinya Prancis meraih kemenangan berkat gol bunuh diri lawan di Euro 2024.

Pada fase grup, mereka juga menang 1-0 atas Austria berkat gol bunuh diri Maximilian Wöber.

Secara keseluruhan, Prancis baru mencetak tiga gol dari empat pertandingan di Euro 2024.

Satu gol lainnya tercipta dari penalti Kylian Mbappe saat melawan Polandia. Bandingkan dengan Jerman dan Spanyol yang sudah mengoleksi 10 dan 9 gol, dua tim lain yang juga melaju ke perempatfinal.

Baca juga: Enam Tim Amankan Tiket Perempatfinal Euro 2024, Dua Slot Sisa Diperebutkan Malam Ini

Kekurangan ini menjadi sorotan utama bagi tim asuhan Didier Deschamps. Di lini depan yang diperkuat nama-nama beken seperti Mbappe, Marcus Thuram, Antoine Griezmann, dan Olivier Giroud, Prancis justru kesulitan membobol gawang lawan.

Padahal, bukan berarti mereka minim peluang. Saat melawan Belgia, Prancis tampil dominan dengan 19 tembakan, dua di antaranya tepat sasaran. Belgia hanya punya lima tembakan dengan dua yang tepat sasaran.

“Kami membuat banyak kemajuan dan lawan kami jelas sangat berhati-hati, meski di atas kertas mereka adalah tim yang menyerang,” ujar Deschamps usai laga, dikutip situs resmi Euro 2024.

“Kami melakukan semua yang kami bisa untuk menciptakan peluang, dan kami menciptakan lebih banyak daripada mereka. Kami bermain dan tidak jatuh ke dalam perangkap mereka. Saya menyukainya, tapi jelas Anda tidak bisa menang hanya melalui penguasaan bola. Saya ingin kami menciptakan lebih banyak peluang,” jelasnya.(*/Ink)

Editor: Brm

banner 728x90

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *