Wujudkan Kemanunggalan TNI-Rakyat, Koramil 04/Letung Buatkan Jamban untuk Warganya

Tampak personel TNI AD dari Jajaran Koramil 04/Letung tengah sibuk membangun jamban sehat bagi warga binaannya.

Tampak personel TNI AD dari Jajaran Koramil 04/Letung tengah sibuk membangun jamban sehat bagi warga binaannya.

Anambas, LintasKepri.com – Komando Rayon Militer (Koramil) 04/Letung, Kabupaten Kepulauan Anambas (KKA), Provinsi Kepulauan Riau (Kepri), mengerahkan sejumlah personelnya.

Pengerahan pasukan TNI AD dibawah Komando Kodim 0318/Natuna tersebut, guna untuk membantu warga binaanya membuat jamban sehat.

Kegiatan sosial kemanusiaan ini dilakukan oleh jajaran Koramil 04/Letung, dikediaman Hasanah (60), salah seorang Ibu Rumah Tangga (IRT) yang beralamatkan di RT 01/RW 01, Desa Bukit Padi, Kecamatan Letung, Kabupaten Kepulauan Anambas. Pada Sabtu (23/03/2019) kemarin.

Danrami 04/Letung, Kapten (Inf) Janner Aruan, mengatakan, bahwa kegiatan ini merupakan bentuk kepedulian aparat TNI AD kepada warga binaannya, yang memiliki keterbatasan biaya untuk melengkapi sarana dan prasarana di rumah kediamannya. Salah satunya adalah jamban sehat, yang merupakan sarana vital bagi keluarga.

“Kami berniat untuk membantu Ibu Hasanah, yang belum memiliki jamban. Karena beliau tidak mampu untuk membangun jamban, dengan alasan keterbatasan biaya,” ujar Kapten (Inf) Janner Aruan, melalui rilis persnya.

Dalam hal ini, Koramil 04/Letung mengerahkan sekitar 5 orang personelnya, untuk mengerjakan jamban sehat milik keluarga Hasanah.

Danramil 04/Letung berharap dengan adanya jamban sehat ini, keluarga Hasanah tidak lagi membuang hajat sembarangan. Dan bisa menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS), yang telah dianjurkan oleh Pemerintah.

“Kegiatan ini juga sekaligus untuk mendukung program Pemerintah, yang telah menganjurkan warganya untuk berperilaku hidup bersih dan sehat,” tuturnya.

Selain itu, pihak Koramil 04/Letung juga berharap, bahwa jamban sehat yang mereka bangun untuk warga binaannya itu, mampu untuk menekan angka stunting di Indonesia, terutama di daerah perbatasan dan terpencil, seperti di Kecamatan Letung, Kabupaten Kepulauan Anambas, Kepri.

Sementara itu Hasanah mengaku sangat berterimakasih atas bantuan materi dan tenaga yang diberikan oleh jajaran Koramil 04/Letung, kepada keluarganya. Hal ini merupakan bentuk kemanunggalan TNI bersama Rakyat.

“Terimakasih yang sebesar-besarnya kami ucapkan kepada pihak TNI AD, terutama Koramil 04/Letung, yang telah membantu keluarga kami untuk membuatkan jamban. Semoga perbuatan baik Bapak semua dibalas oleh Tuhan yang Maha Esa,” ungkap Hasanah, dengan penuh sumringah.

Laporan : Erwin Prasetio

Baca juga :

    Top