Natuna  

Warga di 5 Desa dan 1 Kelurahan di Tambelan Bintan Terima BST, Sisanya Menyusul

Warga Tambelan Kabupaten Bintan saat mengambil dana BST dari Kemensos RI (foto net)
Warga Tambelan Kabupaten Bintan saat mengambil dana BST dari Kemensos RI (foto net).

Bintan, LintasKepri.com – Warga di Kecamatan Tambelan, Kabupaten Bintan, Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) telah menerima dana Bantuan Sosial Tunai (BST) tahap ke 4 dan 5, dari Pemerintah Pusat melalui Kementerian Sosial Republik Indonesia (Kemensos RI).

BST yang mereka terima langsung dua bulan atau Tahap 4 dan 5 itu sebesar Rp 600 ribu. Namun baru warga dari 4 Desa dan 1 Kelurahan yang menerima dana bantuan itu, sedangkan 3 desa lagi belum mengambil sama sekali.

Demikian disampaikan oleh Kapolsek Tambelan, Ipda Missyamsu Alson, bahwa BST ini merupakan bantuan sosial yang diberikan Pemerintah Pusat kepada warga yang terdampak pandemi Covid-19.

“BST tahap 4 dan 5 itu disalurkan melalui Kantor Pos Tambelan. Namun baru 4 Desa dan 1 Kelurahan, sisanya nanti menyusul,” terang Alson, baru-baru ini.

BST yang diterima warga atau setiap KK adalah Rp 300 ribu perbulannya. Dikarenakan disalurkan langsung 2 tahap, maka mereka menerima Rp 600 ribu sekaligus.

Untuk waktu pengambilan BST, kata Alson, sengaja dibedakan setiap kelurahan dan Desa. Tujuannya agar tidak terjadi kerumunan dan sebagai upaya pencegahan penyebaran Covid-19.

“Namun pada saat pengambilan wajib menerapkan protokol kesehatan yaitu memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak,” katanya.

Untuk pengambilan BST yang dilakukan dari 4 Desa dan 1 Kelurahan, baru sekitar 129 KK yang mengambil. Sedangkan yang belum mengambil sebanyak 53 KK, atau Keluarga Penerima Manfaat (KPM).

Dimulai dari Desa Kampung Hilir, berdasarkan data, ada 42 KK yang tersebar di 7 RT yang berhak mendapatkan. Namun baru 34 KK yang menerima, sedangkan yang belum mengambil sebanyak 8 KK.

Berikutnya Desa Kampung Hilir ada 26 KK yang tersebar di 4 RT berhak mendapatkan. Namun baru 16 KK yang menerima sisanya 10 KK belum mengambil. Lalu Desa Kukup ada 26 KK yang tersebar di 4 RT berhak mendapatkan. Namun baru 8 KK yang menerima sisanya 18 KK belum mengambil.

Kemudian Kelurahan Teluk Sekuni ada 43 KK yang tersebar di 4 RT berhak mendapatkan. Namun baru 31 KK yang menerima sisanya 12 KK belum mengambil dan Desa Lepuk ada 45 KK yang tersebar di 4 RT berhak mendapatkan. Namun baru 40 KK yang menerima sisanya 5 KK belum mengambil

“Kami bekerjasama dengan Satpol PP untuk pengamanan dalam penyaluran BST ini,” katanya.