Wan Sofian Minta Pemda Natuna Tingkatkan Kualitas Pendidikan

Ketua Komisi I DPRD Natuna, Wan Sofian.
Ketua Komisi I DPRD Natuna, Wan Sofian.

Natuna, LintasKepri.com – Ketua Komisi I Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Natuna, Wan Sofian, mengaku akan terus berupaya memajukan sektor pendidikan di Kabupaten Natuna, Provinsi Kepulauan Riau (Kepri).

Hal itu disampaikan Wan Sofian, saat ditemui beberapa awak media diruang kerjanya, di Kantor DPRD Natuna, Jalan Yos Sudarso, Ranai, Kecamatan Bunguran Timur, pada Senin (25/02/2019) kemarin.

Politisi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) tersebut mengatakan, bahwa saat ini kualitas pendidikan di Kabupaten Natuna, masih sangat jauh dari yang diharapkan.

Wan Sofian saat menyambangi salah satu sekolah di Natuna.
Wan Sofian saat menyambangi salah satu sekolah di Natuna.

Betapa tidak, menurutnya masih banyak sarana dan prasarana pendidikan di sekolah-sekolah yang ada di Natuna, yang kondisinya masih sangat memprihatinkan.

“Infrastruktur memang sudah berjalan, namun masih belum merata. Sehingga tidak semua lapisan masyarakat yang menikmatinya. Salah satunya sarana dan kualitas pendidikan yang belum memadai,” ujar Wan Sofian, seperti dilansir dari Natuna Pos.

Kata dia, salah satu kebobrokan system pendidikan di daerah yang terletak diujung utara NKRI tersebut, adalah dari cara penyaluran beasiswa bagi siswa berprestasi dan kurang mampu yang belum merata.

Salah seorang siswi tampak mengikuti kegiatan belajar mengajar.
Salah seorang siswi tampak mengikuti kegiatan belajar mengajar.

“Salah satunya proses penyaluran beasiswa bagi siswa berprestasi dan tidak mampu belum merata. Ini menjadi PR bagi kami di Komisi I DPRD dan Pemerintah Daerah Kabupaten Natuna kedepan,” sebut Wan Sofian.

Lelaki yang kembali maju sebagai calon legislatif (Caleg) DPRD Natuna dari Daerah Pemilihan (Dapil) I tersebut, berharap Pemerintah Daerah Kabupaten Natuna, melalui Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Disdikpora), harus lebih proaktif dalam berupaya memajukan sektor pendidikan.

Hal itu, lanjut Wan Sofian, dapat dilakukan oleh Pemda Natuna dengan cara menjemput bola ke Pemerintah Pusat, melalui Kementerian Pendidikan RI. Pasalnya kata dia, Pemerintah dibawah kekuasaan Presiden Joko Widodo (Jokowi), sedang konsentrasi untuk membangun Indonesia dari daerah Perbatasan, seperti Natuna.

Potret salah satu gedung sekolah yang ada di Natuna.
Potret salah satu gedung sekolah yang ada di Natuna.

“Pemerintah saat ini kan sedang konsen untuk membangun dari daerah pinggiran dan perbatasan, kita adalah salah satunya. Ini bisa menjadi modal bagi kita, untuk melobi Pemerintah Pusat, terutama disektor pendidikan,” sarannya.

Lelaki yang juga menjabat sebagai Ketua Ikatan Keluarga Besar Bunguran Barat (IKBB) Natuna itu menambahkan, selain akan memperjuangkan sektor pendidikan, dirinya juga bertekad untuk menyampaikan aspirasi masyarakat, yang sampai saat ini belum berhasil diwujudkan oleh Pemerintah Daerah Natuna. Baik dari sektor ekonomi, infrastruktur, pariwisata dan sosial. (Red)