Wakil Ketua II DPRD Natuna Hadiri Safari Ramadhan di Desa Limau Manis

Natuna, LintasKepri.com – Menyambung tali silaturahmi, Wakil Bupati Natuna, Rodhial Huda kembali melaksanakan Safari Ramadan di Masjid Al-Munawwarah Limau Manis, Kecamatan Bunguran Timur Laut, Rabu (20/04/2022) malam.

Pada kesempatan tersebut, Rodhial Huda menyampaikan, Safari Ramadan yang dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Natuna ini merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan setiap tahunnya dalam bulan Puasa Ramadhan.

Rodhial menjelaskan bahwa menjaga keutamaan silaturahmi dalam ajaran agama Islam dapat memperpanjang umur hingga melapangkan rezeki.

“Kegiatan safari ramadhan ini guna mempererat silaturahmi dan kami ingin mendapatkan pesan dan kesan dari masyarakat,” ucap Rodhial.

Rodhial menyampaikan dua perumpaan dalam menjalankan ibadah puasa dibulan ramadhan tentang bagaimana tujuan berpuasa.

“Puasa yang kita lakukan ini perumpamaan nya seperti puasa nya ulat menjadi menjadi kupu-kupu, lalu yang kedua puasanya ular berganti kulit dan tetap menjadi ular,” sebut Rodhial.

Puasa ular artinya kita berpuasa hanya menahan haus dan lapar, tidak ada sedikitpun perubahan yang terjadi pada diri manusia. Selanjutnya puasa kupu kupu artinya adanya perubahan yang lebih baik pada diri manusia sendiri.

“Semoga puasa yang kita jalankan hari ini seperti perumpamaan puasa kupu-kupu. Yang membuat perubahan lebih baik pada diri kita,” tanggapnya.


Rodhial menambahkan puasa sebagai pengendalian hawa nafsu. Kegiatan positif dalam bulan ramadhan harus tetap diteruskan, yang negatif ditinggalkan.

“Mari bersama-sama kita kejar janji Allah SWT yang mengatakan bahwa jika penduduk negeri beriman dan bertaqwa, maka niscaya allah akan turunkan rezeki dari langit dan bumi,” tambahnya.

Masih Rodhial, Ia menjelaskan jika kita ingin mendapatkan keberkahan dalam hidup, maka yang utama kita lakukan yakni menambah amal kebaikan.

“Jika kebaikan terus bertambah, maka kita senantiasa mendapat keberkahan dalam hidup. Kita kejar janji Allah SWT dengan beriman dan bertaqwa kepadanya,” tutur Rodhial.

Pemerintah Daerah sedang mengupayakan Natuna menjadi Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) agar investasi bisa masuk ke Natuna.

“Kami pemerintah terus upayakan menjadikan Natuna sebagai kawasan ekonomi khusus agar investasi bisa masuk ke Natuna dan terciptanya lapangan pekerjaan baru dan mendorong ekonomi daerah menjadi lebih baik,” tutup Rodhial.

Seperti biasa rangkaian kegiatan Safari Ramadan dimulai dengan sollat Magrib, sholat Isya dan Tarawih berjamaah. Kemudian dilanjutkan pembacaan ayat suci Alqur’an oleh Dian Putri.

Acara safari Ramadhan kali ini diisi dengan ceramah agama oleh Ustad H Nasoha SAg. Dilanjutkan dengan penyerahan secara simbolis 30 paket sembako oleh Wakil Bupati Natuna Rodhial Huda, bantuan sembako dari SKK Migas dan KKKS Migas yang beroperasi di wilayah Kabupaten Natuna yang terdiri dari Medcoenergi, Premier Oil, dan Star Energi.

Turut Hadir Wakil Ketua II DPRD Natuna, Jarmin Sidik, Anggota DPRD Provinsi Hadi Chandra, Asisten I Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setda Kabupaten Natuna Khaidir, Kepala Dinas Pemadam Kebakaran Syawal, Ketua Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah Raja Darmika.

Tampak juga, Kepala Dinas Sosial Puryanti, Kepala Kemenag Natuna Budi Darmawan, Kepala Desa Limau Manis Zarin, Kasubag Kesra Viva Arkwis, Dirut Perumda Tirta Nusa Muhammad Zaki, para perwakilan Organisasi Perangkat Daerah (OPD), perwakilan Forkopimda, tokoh agama, tokoh adat dan masyarakat setempat.