Wabup Ngesti Irup Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke 90

Wabup Ngesti berikan Hadiah kepada santri berprestasi pada MTQ di Medan, Sumut.

Wabup Ngesti berikan Hadiah kepada santri berprestasi asal Natuna, pada MTQ di Medan, Sumut, beberapa waktu lalu.

Natuna, LintasKepri.com – Wakil Bupati (Wabup) Natuna Ngesti Yuni Suprapti, bertindak sebagai inspektur upacara (Irup) peringatan Hari Sumpah Pemuda (HSP) ke-90 tahun 2018.

Upacara ini dilaksanakan di halaman Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 1 Bunguran Timur, Jalan Pramuka, Ranai, pada Senin (29/10/2018) pagi.

Upacara peringatan HSP berlangsung mulai pukul 08.00 WIB. Dihadiri oleh Ketua DPRD Natuna Yusripandi, para pimpinan FKPD, OPD, Tokoh Masyarakat, Organisasi Kemasyarakatan (Ormas) dan sejumlah elemen masyarakat Natuna.

img-20181029-wa0011

Hari Sumpah Pemuda ke-90 ini mengambil tema “Bangun Pemuda Satukan Indonesia”. Tema besar ini diambil atas dasar pentingnya pembangunan kepemudaan untuk melahirkan generasi muda yang mampu berkiprah pada zamannya, merawat kebhinekaan dan tetap teguh mempertahankan NKRI.

Pada kesempatan itu, Wabup Natuna Ngesti Yuni Suprapti dalam amanatnya membacakan pidato dari Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi.

“Kita semua berhutang budi kepada para tokoh pemuda 1928 yang telah mendeklarasikan Sumpah Pemuda. Sehingga menjadi pelopor untuk terus membangun kesadaran kebangsaan Indonesia sekaligus komitmen menjaga persatuan dan kesatuan negeri ini,” kata Ngesti, menyampaikan amanat Menpora.

img-20181029-wa0010

Tahun 2019 Bangsa Indonesia akan menggelar hajat besar Pesta Demokrasi untuk memilih dan menentukan pimpinan nasional dan daerah yaitu Pemilihan Presiden dan wakil Presiden, serta DPR RI, DPD RI, DPRD Provinsi/Kabupaten/Kota.

Amat diperlukan partisipasi aktif, peran penting dan tanggung jawab pemuda dalam menyukseskan mekanisme laju pemerintahan tersebut. Hindari gesekan-gesekan yang melemahkan persatuan, pemuda harus mampu keluar dari jebakan primordialisme, pemuda harus bangkit terus dengan hal-hal positif dan kreatif.

img-20181029-wa0013_1

“Wahai pemuda Indonesia, dunia menunggumu, berjuanglah, lahirkanlah ide-ide, gagasan, tekad, dan cita-cita, pengorbananmu tidak akan pernah sia-sia dalam mengubah dunia. Ayo, bangun pemuda satukan Indonesia,” tegasnya.

Diakhir acara, Wabup Ngesti juga memberikan penghargaan kepada Mulyadi, putra daerah Natuna karena berhasil menyabet juara 3 pada ajang Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) tingkat Nasional di Medan, Sumatera Utara (Sumut), belum lama ini.

Laporan : Erwin Prasetio

Baca juga :

Top