Wabup Ngesti Buka Sosialisasi, Koordinasi Kampanye dan Introduksi MR

img-20180704-wa0007_1

Natuna, LintasKepri.com – Indonesia telah berkomitmen untuk mencapai eliminasi penyakit campak dan pengendalian penyakit Rubella kecacatan yang disebabkan oleh infeksi saat kehamilan (Congenital Rubella Syindrome) pada tahun 2020 mendatang.

Salah satu upaya yang perlu dilakukan untuk mempercepat pencapaian tujuan tersebut adalah dengan melaksanakan kampanye, immunisasi massal, dan pengenalan immunisasi campak/Meales dan Rubella.

img-20180704-wa0005

Demikian disampaikan Wakil Bupati (Wabup) Natuna, Hj. Ngesti Yuni Suprapti, saat membacakan sambutannya, sekaligus membuka secara resmi Pertemuan Advokasi, Sosialisasi, Koordinasi Kampanye dan Introduksi Meales Rubella (MR), serta Penandatanganan Komitmen Bersama Pelaksanaan Kegiatan Immunisasi MR se-Kabupaten Natuna Tahun 2018, di Natuna Hotel Ranai Darat, Selasa, (03/07/2018) pagi.

Ngesti Yuni Suprapti, mengatakan, immunisasi massal ini bertujuan untuk memutus mata rantai penularan virus campak dan Rubella yang ada di masyarakat.

“Melalui kegiatan ini, saya mengajak dinas dan lembaga terkait, organisasi masyarakat sipil, dan lembaga-lembaga swadaya masyarakat untuk berpartisipasi dan berkontribusi dalam immunisasi massal Meales dan Rubella ini,” ujar Ngesti.

img-20180704-wa0009

Lebih lanjut Ngesti mengatakan, bahwa kegiatan immunisasi MR di Kabupaten Natuna pada bulan Agustus 2018 akan dilaksanakan di seluruh sekolah yang terdiri dari sekolah SD/MI/Sederajat dan SMP/MTS/Sederajat.

“Selanjutnya pada bulan September 2018 immunisasi MR akan dilakukan di Posyandu-Posyandu, Polindes, Poskesdes, dan berbagai fasilitas kesehatan masyarakat dengan sasaran immunisasi bagi bayi usia 9 bulan sampai dengan anak usia 6 tahun,” terangnya.

Kegiatan ini, sebut Ngesti, tidak akan bisa berjalan dengan baik tanpa dukungan unsur lintas sektor. Oleh karenanya, kepada saudara Kepala Kantor Kementerian Agama, Ketua TP-PKK di setiap tingkatan, Pimpinan Organisasi Profesi Medis dan Paramedis, Tokoh masyarakat, Pengasuh Pondok Pesantren dan seluruh masyarakat pada umumnya, untuk dapat memberi dukungan terutama dalam proses penyuluhan dan penggerakan sasaran.

img-20180704-wa0008_1

“Bagi menumbuhkan kesadaran masyarakat terhadap upaya bersama dalam meningkatkan mutu kesehatan masyarakat, saya berharap agar segenap unsur media, baik cetak maupun elektronik, kiranya dapat mendukung menyebarluaskan informasi terhadap rencana pelaksanaan program immunisasi massal ini,” harapnya.

“Hal ini menjadi penting mengingat kondisi geografis Kabupaten Natuna yang berbentuk kepulauan, sehingga melalui media informasi yang ada seluruh masyarakat mendapatkan informasi secara utuh, terutama yang berdomisili di beberapa daerah dengan kondisi transportasi dan pelayanan kesehatan yang terbatas,” tambahnya.

Tampak hadir dalam acara tersebut, Kepala Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Natuna, Rizal Rinaldy, Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat Provinsi Kepri, Susilo Hartanto, sejumlah OPD dilingkungan Pemkab Natuna, Sejumlah Camat, Tokoh Agama, Tokoh Adat, Tokoh masyarakat, dan Tokoh Pemuda Kabupaten Natuna.

Laporan : Erwin Prasetio

Baca juga :

Top