'

Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan RI ke-74 di Tanjungpinang berlangsung Khidmat

Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan RI ke-74 di Tanjungpinang berlangsung Khidmat.

Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan RI ke-74 di Tanjungpinang berlangsung Khidmat.

Tanjungpinang, LintasKepri.com – Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia ke-74 di Kota Tanjungpinang yang digelar di halaman kantor walikota berlangsung khidmat, Sabtu (17/8).

Sebelumnya pada pukul 07.00 WIB, juga dilakukan upacara Peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-74 di lingkungan Kota Tanjungpinang yang diikuti oleh ASN dan Honorer Pemerintah Kota Tanjungpinang.

Bertindak sebagai Inspektur Upacara Penjabat Sekretaris Daerah Kota Tanjungpinang Tengku Dahlan, dan bertindak sebagai Komandan Upacara Ferry Andana. Upacara ini dilaksanakan di halaman Kantor DPRD Kota Tanjungpinang.

Sementara itu, Proses Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi yang dilaksanakan di halaman Kantor Walikota Tanjungpinang, bertindak sebagai Inspektur Upacara Walikota Tanjungpinang Syahrul, dan bertindak selaku Komandan Upacara Lettu Laut (P) Satria Gumilar yang merupakan Perwira dari Lanudal Tanjungpinang.

Upacara diawali dengan Pembacaan Teks Proklamasi oleh Ketua DPRD Kota Tanjungpinang Suparno, dilanjutkan dengan penekanan tombol sirene sebagai tanda peringatan detik-detik proklamasi selama 60 detik.

Suasana khidmat semakin terasa manakala Pasukan Pengibar Bendera (Paskibra) mulai melakukan tugasnya. Para tamu undangan tampak antusias selama prosesi pengibaran bendera merah putih.

Semua mata tertuju menatap derap langkah dan semua berharap pengibaran bendera merah putih terlaksana dengan sempurna dimomen yang spesial ini.

Setelah pengibaran bendera merah putih, acara dilanjutkan dengan pembacaan doa yang disampaikan oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Tanjungpinang.

Dalam doa disampaikan agar momen kemerdekaan ke-74 RI menjadi ajang untuk bangsa Indonesia bersatu padu, saling gotongroyong, menyerukan kebaikan dan memohon kepada Allah SWT agar bangsa Indonesia khususnya Kota Tanjungpinang dapat dilimpahkan rahmat dan kesejahteraan bagi masyarakat.

Walikota Tanjungpinang Syahrul, usai upacara mengatakan, peringatan kemerdekaan harus selalu dimaknai dengan rasa syukur dan turut mendoakan para pahlawan atas jasa-jasanya terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia yang dapat berdiri dan berdaulat.

“Di usia yang ke-74 Tahun ini semoga Bangsa Indonesia dapat semakin berkembang maju, memperoleh rasa tentram dan aman bagi masyarakatnya dan sesuai dengan tema tahun ini Sumber Daya Manusia yang ada dapat semakin maju dan unggul,” jelas Syahrul.

Pada kesempatan tersebut turut hadir Wakil Walikota Tanjungpinang Rahma, Ketua TP PKK Kota Tanjungpinang Juwariyah Syahrul,  Mantan Walikota Tanjungpinang Suryatati A Manan dan Lis Darmansyah beserta unsur FKPD Kota Tanjungpinang, Kepala OPD se-Kota Tanjungpinang, Anggota DPRD Kota Tanjungpinang, Tokoh Masyarakat dan Organisasi Kepemudaan yang ada di Kota Tanjungpinang.

(hms)

Baca juga :

Top