Tutup TMMD ke 106 di KKA, Danrem 033/WP Ajak TNI Manunggal bersama Rakyat

Danrem 033/WP saat memberikan semangat dan motivasi kepada Satgas TMMD ke 106, yang telah sukses menjalankan tugasnya.
Danrem 033/WP Brigjen TNI Gabriel Lema, saat memberikan semangat dan motivasi kepada Satgas TMMD ke 106, yang telah sukses menjalankan tugasnya.

Anambas, LintasKepri.com – Akhirnya setelah 30 hari bekerja siang dan malam, Satuan Tugas Tentara Manunggal Membangun Desa (Satgas TMMD) ke 106 diwilayah Kodim 0318/Natuna, menyudahi pekerjaannya.

Hal itu menyusul telah selesainya seluruh pekerjaan pada program TMMD wilayah Kodim 0318/Natuna, yang digelar di Kecamatan Jemaja, Kabupaten Kepulauan Anambas (KKA), Provinsi Kepulauan Riau (Kepri).

Upacara penutupan TMMD ke 106 yang dihadiri langsung oleh Danrem 033/Wirapratama Brigjen TNI Gabriel Lema tersebut, digelar dilapangan Sepak Bola Kecamatan Jemaja, pada Kamis (31/10/2019) siang.

Dandim 0318/Natuna Letkol (Czi) Ferry Kriswardana, S.Sos. M.Tr. (Han)_ yang merupakan Dansatgas TMMD ke 106 tahun anggaran 2019 menjelaskan, bahwa sasaran fisik berupa pembukaan jalan dari Desa Mampok menuju Desa Air Biru Kecamatan Jemaja, sepanjang 2000 meter dengan lebar 9,5 meter, telah rampung dikerjakan 100 persen.

Begitu pula dengan sasaran non fisik, yang meliputi sosialisasi kesehatan, wawasan kebangsaan (Wasbang), bahaya narkoba, radikalisme, terorisme, hingga penyuluhan soal peternakan dan pertanian, juga telah selesai dijalankan dengan baik sesuai harapan.

Inspektur Upacara Brigjen TNI Gabriel Lema, didampingi Komandan Upacara Kapten (Inf) Narta, saat memeriksa pasukan.
Inspektur Upacara Brigjen TNI Gabriel Lema, didampingi Komandan Upacara Kapten (Inf) Narta, saat memeriksa pasukan.

Sosialisasi itu dilakukan oleh para Satgas TMMD ke 106, di sejumlah Sekolah dan ditengah lingkungan masyarakat, yang tinggal disekitar Daerah sasaran.

“Semua pekerjaan telah selesai 100 persen,” sebut Letkol (Czi) Ferry Kriswardana, saat melaporkan hasil kegiatan TMMD ke 106 kepada Danrem 033/WP Brigjen TNI Gabriel Lema, yang menjadi Inspektur Upacara pada penutupan TMMD tersebut.

Kata Ferry, seluruh kegiatan fisik dan non fisik pada pelaksanaan program TMMD yang dikerjakannya, telah selesai dengan aman, tertib dan sesuai sasaran yang sudah ditetapkan dalam perencanaan kegiatan.

Sementara itu Brigjen TNI Gabriel Lema, yang membacakan amanat dari Pangdam I/Bukit Barisan Mayjend TNI MS Fadillah mengatakan, bahwa TMMD yang diprogramkan sebanyak 3 kali itu, merupakan wujud pengabdian TNI bersama Kementerian dan Lembaga Negara lainnya, dalam membantu mempercepat pembangunan disuatu Daerah yang menjadi sasaran kegiatan.

Dengan demikian Pangdam I/BB menginginkan kepada seluruh masyarakat, agar senantiasa menjaga dan memelihara hasil pembangunan fisik yang telah dibangun. Sehingga dapat bermanfaat dalam kurun waktu yang cukup lama.

“Kita harapkan agar kegiatan yang telah dilaksanakan berdampak positif bagi masyarakat. Dan juga bagi para generasi muda, supaya memiliki karakter bangsa,” tegas Pangdam I/BB, yang disampaikan oleh Danrem 033/WP.

Laporan Komandan Upacara kepada Inspektur Upacara.
Laporan Komandan Upacara kepada Inspektur Upacara, pada Penutupan TMMD ke 106 wilayah Kodim 0318/Natuna, di Kecamatan Jemaja, Kabupaten Kepulauan Anambas.

Dalam kesempatan itu, Gabriel Lema mengajak seluruh jajaran TNI, khususnya bagi Satgas TMMD ke 106, agar senantiasa mempertahankan kebersamaan dan kemanunggalan bersama rakyat. Serta dapat meningkatkan semangat bekerja sebagai realisasi pembangunan dengan sistem gotong royong.

“Kami mengucapkan terimakasih yang setinggi-tingginya dan penghargaan yang tulus kepada Bupati dan segenap unsur Forkopimda serta semua pihak yang terlibat dalam kegiatan TMMD, sehingga dapat berjalan dengan lancar dan sukses, sesuai yang kita harapkan bersama,” pungkas Gabriel Lema.

Usai pembacaan amanat dari Pangdam I/Bukit Barisan, dilanjutkan dengan penandatangan Naskah Serah Terima hasil pengerjaan dari Dansatgas TMMD kepada Pemerintah KKA, yang disaksikan langsung oleh Danrem 033/WP dan seluruh peserta upacara yang hadir.

Peserta Upacara tersebut diikuti oleh sejumlah Personil Satgas TMMD, Instansi Pemerintahan, Polri, Satpol PP, Tagana, masyarakat dan Pelajar dari sekolah tingkat SLTP dan SLTA.

Sementara itu Pasi Intel Kodim 0318/Natuna Kapten (Inf) Narta, bertindak langsung sebagai Pemimpin Upacara.

Turut hadir dalam kesempatan tersebut Bupati KKA yang diwakili oleh Staf Ahli Pemerintah Daerah KKA Bidang Ekonomi Pembangunan Asmarullah, para Pimpinan OPD, FKPD, Para Camat, para Kades se Kecamatan Jemaja Timur dan Jemaja Barat, serta para tamu undangan lainnya.

Laporan : Erwin Prasetio/tim