Tingkatkan Fasilitas Kesehatan, Hamid Rizal Sebut Akan Siapkan Ruang PCR RSUD Natuna

Bupati Natuna Abdul Hamid Rizal, saat meninjau RSUD Natuna beberapa waktu lalu.

Natuna, LintasKepri.com – Bupati Natuna, Abdul Hamid Rizal menyampaikan akan meningkatkan fasilitas kesehatan sebagai upaya perawatan pasien Corona Virus Disaese 2019 (Covid-19) di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kabupaten Natuna.

“Kita sedang menyiapkan ruangan PCR atau Swab,” kata Hamid Rizal, saat dijumpai sejumlah awak media, Senin (09/11/2020) kemarin.

Menurutnya, dengan adanya ruangan tersebut, Pemerintah Daerah tidak perlu lagi mengirimkan hasil Swab pasien reaktif (hasil rapid test) ke Kota Batam, Provinsi Kepulauan Riau (Kepri).

Bupati Natuna saat dites suhu badan, sebelum memasuki RSUD Natuna.

“InshaAllah beberapa hari ini ruangan PCR sudah bisa digunakan,” ucap Hamid Rizal.

Untuk petugas PCR, sambung dia, sudah diberikan pelatihan oleh pemilik alat PCR.

Selain itu, Hamid menghimbau, untuk tempat-tempat keramaian agar tetap menjaga protokol kesehatan, dan petugas penanganan Covid-19 Natuna akan selalu mengecek tempat tersebut.

“Apabila pemilik tidak mengindahkan protokol kesehatan terpaksa tempat tersebut akan kita tutup,” tegas Hamid.

Demi menghindari penyebaran virus corona, Bupati Natuna selalu patuhi protokol kesehatan, salah satunya dengan menggunakan hand sanitaizer.

Hamid juga kembali menghimbau, kapada masyarakat dan petugas medis yang terpapar Covid-19 untuk tetap menjaga kesehatan, berolahraga, minum vitamin dan jangan terlalu panik.

Orang nomor satu di Bumi Laut Sakti Rantau Bertuah itu juga menghimbau kepada seluruh masyarakat Natuna, agar terus mematuhi protokol kesehatan, dengan selalu memakai masker ditempat umum, jaga jarak, hindari kerumunan orang serta rajin mencuci tangan dengan sabun.

“Jangan sampai kasus positif Covid ini meledak di Natuna, kita harus segera antisipasi dini. makanya saya himbau masyarakat agar tetap menerapkan protokol kesehatan,” pungkas Hamid Rizal. (Erwin)