Tanam Cemara, Wabup Natuna Ikut Hijaukan Kota Tegal

LPP Gurindam web
Wakil Bupati Natuna Hj. Ngesti Yuni Suprapti, saat menanam bibit pohon cemara di Pantai Alam Indah, Kota Tegal, Jawa Tengah.
Wakil Bupati Natuna Hj. Ngesti Yuni Suprapti, saat menanam bibit pohon cemara di Pantai Alam Indah, Kota Tegal, Jawa Tengah.

Natuna, LintasKepri.com – Wakil Bupati (Wabup) Natuna, Hj. Ngesti Yuni Suprapti, ikut serta dalam melestarikan alam dan mendukung program penghijauan di Kota Tegal, Jawa Tengah.

Hal itu dilakukan Ngesti, dengan cara ikut menanam bibit pohon cemara di Pantai Alam Indah, Kota Tegal, pada Sabtu (28/09/2019) siang.

Penanaman pohon cemara itu dilakukan Wabup Ngesti bersama Walikota Tegal, Dedi Yon Supriono, Wakil Walikota Tegal, Muhammad Jumadi, beserta para Wakil Walikota dan Wakil Bupati diseluruh Indonesia, yang tergabung dalam Forum Wakil Kepala Daerah (Forwakada).

Wabup Natuna Ngesti foto bersama Walikota Tegal, Dedi Yon Supriyono.
Wabup Natuna Ngesti foto bersama Walikota Tegal, Dedi Yon Supriono.

“Selain menanam pohon cemara, hari ini saya juga ikut melaksanakan senam pagi bersama dan gala dinner di kediaman Bapak Walikota Tegal,” sebut Ngesti kepada media ini, melalui pesan singkat WhatsApp.

Penanaman pohon cemara tersebut, adalah salah satu upaya Pemerintah Kota (Pemkot) Tegal, untuk menciptakan ruang terbuka hijau yang ada didaerahnya. Karena disetiap pengembangan sebuah Kota, Pemerintah musti menyisakan 30 persen wilayahnya untuk dijadikan ruang terbuka hijau, sebagai penyeimbang ekosistem.

Wabup Ngesti mengaku sangat mendukung adanya upaya penghijauan yang dilakukan oleh Pemkot Tegal. Karena sebagai salah satu negara bagi paru-paru dunia, sudah sepatutnya seluruh daerah di Indonesia dapat melestarikan alam, dengan menanam pohon sedari dini. Terutama bagi daerah yang sedang melakukan pengembangan wilayah Kota.

Keluar dari konteks diatas, Wabup Natuna menjelaskan tujuan utama kunjungan kerjanya ke Kota Tegal, Jawa Tengah, yaitu untuk menghadiri Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Forum Wakil Kepala Daerah (Forwakada) tahun 2019 yang berlangsung didaerah berjuluk sebagai Kota Bahari tersebut.

Wabup Natuna Ngesti foto bersama Wakil Walikota Tegal, Muhammad Jumadi, usai mengikuti Rakornas Forwakada 2019.
Wabup Natuna Ngesti foto bersama Wakil Walikota Tegal, Muhammad Jumadi, usai mengikuti Rakornas Forwakada 2019.

Rakornas Forwakada tersebut dibuka secara langsung oleh Wakil Gubernur Jawa Tengah, Taj Yasin Maimoen, di Hotel Bahari Inn, Kota Tegal, pada Jum’at (27/09/2019) kemarin.

Ngesti berharap dengan adanya Rakornas Forwakada yang digelar selama 2 hari, yaitu dari tanggal 27-28 September 2019 itu, kedepan seluruh Wakil Kepala Daerah (Wakada) dan Kepala Daerah (Kada), bisa saling kompak, saling berkomunikasi dan saling menghargai.

“Agar pelaksanaan pembangunan disuatu daerah, terutama di Kabupaten Natuna, dapat berjalan dengan baik sesuai dengan harapan kita bersama,” pungkas Ngesti.

Usai mengikuti Rakornas Forwakada, Ngesti bersama Walikota Tegal dan sejumlah Wakada diseluruh Indonesia yang hadir saat itu, juga berkesempatan untuk meninjau sejumlah tempat layanan publik di Kota Tegal, yang telah menggunakan layanan dengan sistem aplikasi online. Seperti di Puskesmas, Rumah Sakit dan tempat layanan umum lainnya.

Laporan : Erwin Prasetio