Tali Kapal ke Border di Selat Lampa Terlepas, Penumpang Bukit Raya Panik

Penumpang KM Bukit Raya saat bersandar di Pelabuhan Selat Lampa, Natuna.

Penumpang KM Bukit Raya saat bersandar di Pelabuhan Selat Lampa, Natuna.

Natuna, LintasKepri.com – Insiden menegangkan terjadi, saat tali Kapal Motor (KM) Bukit Raya yang terikat disalah satu border di pelabuhan Selat Lampa, Kecamatan Pulau Tiga, Kabupaten Natuna, terlepas dari ikatannya. Rabu (07/02/2018) pagi.

Kejadian tersebut mengakibatkan kapal menjauh dari pelantar pelabuhan dan mengangkat tangga naik penumpang hingga setinggi 40 cm. Akibatnya ratusan penumpang panik dan berteriak histeris.

Hal ini dibenarkan oleh Kapten KM. Bukit Raya, Nofriansyah, bahwa kejadian tersebut bermula saat tali ikatan kapal terlepas dari border yang ada di pelabuhan, sekitar pukul 08:20 Wib.

Tampak border di Pelabuhan Selat Lampa Natuna telah hancur, sehingga tali kapal rawan terlepas.

Tampak border di Pelabuhan Selat Lampa Natuna telah hancur, sehingga tali kapal rawan terlepas.

Angin kencang disertai ombak setinggi kurang lebih 1 meter, membuat kapal bergoyang kuat dan melepaskan tali ikatan disalah satu border.

“Terlepasnya tali karena bordernya sudah gundul dan hancur, sehingga mudah terlepas saat terkena angin kencang dan gelombang,” terang Nofriansyah, di Selat Lampa.

Meski tidak menelan korban jiwa dan materil, namun insiden ini membuat para penumpang panik dan trauma.

“Karena kejadiannya pas para penumpang ramai berada ditangga naik kapal,” katanya.

Kejadian tersebut langsung ditangani oleh para petugas Syahbandar Selat Lampa, sehingga terhindar dari hal yang tidak diinginkan.

Diketahui penumpang yang naik saat itu sebanyak 300 orang dan yang turun 320 orang. Kapal ini akhirnya diberangkatkan sekitar pukul 10:10 Wib dengan tujuan Midai-Serasan-Pontianak dan Surabaya.

Laporan : Erwin Prasetio

Baca juga :

Top