'

Syahrul-Rahma Pemenang Pilkada Tanjungpinang

Syahrul-Rahma.

Syahrul-Rahma.

Tanjungpinang, LintasKepri.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Tanjungpinang menggelar rapat pleno terbuka rekapitulasi hasil penghitungan suara Pilkada Tanjungpinang, Rabu (4/7), di Aula Asrama Haji.

Hasilnya pasangan calon Walikota dan Wakil Walikota Tanjungpinang nomor urut (1) Syahrul-Rahma, dinyatakan unggul atas rivalnya pasangan nomor urut (2) Lis Darmansyah-Maya Suryanti.

Dari hasil rekap keseluruhan suara yang ada di empat Kecamatan di Kota Tanjungpinang, pasangan nomor urut (1) Syahrul-Rahma memperoleh suara sebanyak 42.559. Sedangkan pasangan nomor urut (2) Lis-Maya hanya mampu meraup suara sebesar 40.160 dengan total selisih 2.399 suara dengan persentase 2,5 persen.

Itu artinya peluang paslon nomor urut (2) untuk melakukan gugatan ke Mahkamah Konstitusi (MK) sangat minim. Karena, sesuai peraturan yang ada, pasangan calon berhak melakukan gugatan ke MK maksimal selisih suara dibawah 2 persen.

Ketua KPU Tanjungpinang Aswin Nasution menuturkan, dengan penetapan jumlah keseluruhan suara ini, KPU selanjutnya memastikan tidak adanya gugatan Pilkada Tanjungpinang di MK selama kurun waktu 3X24 jam terhitung setelah penetapan hari ini.

“Setelah kita pastikan tidak ada gugatan yang teregister di MK sesuai kurun waktu tersebut, barulah kita menggelar rapat pleno penetapan Walikota dan Wakil Walikota Tanjungpinang terpilih,” ucapnya.

(M. Danu)

Baca juga :

Top