Sosialisasi JKN-KIS dan Aplikasi Mobile JKN Bagi ASN dan PTT di Natuna

img-20180516-wa0008_1

Natuna, LintasKepri.com – Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Kabupaten Natuna, menggelar sosialisasi Program Jaminan Kesehatan Nasional Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) dan Aplikasi Mobile JKN. Bertempat di Gedung Serbaguna Sri Serindit Ranai, pada Rabu (16/05/2018) siang.

Sosialisasi ini ditujukan kepada Aparatur Sipil Negara (ASN), Pegawai Tidak Tetap (PTT) dan para Guru dari tingkat SD, SLTP dan SLTA yang berada dilingkungan Pemerintah Kabupaten Natuna, Provinsi Kepri. Sekitar 150 orang peserta mengikuti kegiatan ini.

Kepala BPJS Kesehatan Natuna, Muhammad Denny, dalam sambutannya mengatakan, bahwa hak dan kewajiban peserta JKN-KIS adalah dengan mendaftarkan dirinya dan keluarganya sebagai peserta dan harus membayar iuran setiap bulannya. Lalu peserta juga berhak mendapatkan kartu untuk bukti yang sah sebagai peserta JKN-KIS.

img-20180516-wa0007

“Jaminan Sosial Nasional ini sistemnya gotong royong, jadi semuanya bisa tertolong,” ujar Denny.

Kata Denny, peserta JKN-KIS diperuntukkan kepada para pekerja penerima upah, yang terdiri dari ASN, PTT, Guru, TNI, Polri, Lembaga Vertikal dan Pejabat Negara lainnya, beserta keluarganya.

“Bayi yang masih dalam kandungan sekalipun, juga sudah dapat didaftarkan sebagai peserta JKN-KIS, sejak terdeteksi adanya denyut jantung didalam kandungan,” terang Denny.

Masih kata Denny, Pelayanan kesehatan yang tidak dijamin, adalah Pelayanan yang dilakukan tanpa melalui prosedur. Pihak BPJS Kesehatan sendiri juga membuka pusat layanan Informasi 24 jam untuk para Peserta JKN-KIS, di nomor Call Centre BPJS Kesehatan 1500 400.

img-20180516-wa0009_1

“Untuk peserta mandiri, BPJS Kesehatan akan melakukan kegiatan dengan program Door To Door, atau dari rumah kerumah,” ujar Denny, seraya membuka secara resmi sosialisasi.

Sementara itu Kepala Bidang Kepersetaan dan Pelayanan Peserta BPJS Kesehatan Kantor Cabang Tanjungpinang, Wan Effi Yulisna, mengatakan, Aplikasi Mobile JKN-KIS dapat diakses melalui smartphone atau telephon pintar atau HP Android, bagi para peserta yang telah memiliki kartu tanda peserta JKN-KIS.

Kata Wan Effi, untuk 15 orang peserta yang mendownload aplikasi Mobile JKN-KIS, akan mendapatkan souvenir berupa topi cantik dari BPJS Kesehatan Natuna.

“Saya berharap para peserta agar dapat memberikan saran dan pendapat yang berhubungan dengan BPJS Kesehatan JKN-KIS, agar paham dengan hak dan kewajiban peserta BPJS Kesehatan. Mobile JKN menjawab kebutuhan peserta di era digital, cukup dengan mendonwlod aplikasi mobile JKN,” ungkap Wan Effi.

Ada 5 kemudahan bagi pengguna aplikasi mobile JKN, diantaranya kemudahan mendaftar dan mengubah data peserta, kemudahan mengetahui informasi data, kemudahan mengetahui informasi tagihan, kemudahan mendapatkan pelayanan dan kemudahan menyampaikan pengaduan.

Laporan : Erwin Prasetio

Baca juga :

Top