'

Setelah Ditetapkan Tersangka, Polisi Dalam Waktu Dekat Panggil Bobby Jayanto

Kasat Reskrim Polres Tanjungpinang.

Kasat Reskrim Polres Tanjungpinang AKP Efendri Alie. Foto: ist

Tanjungpinang, LintasKepri.com – Polisi dalam waktu dekat berencana memanggil Ketua DPD Partai Nasdem Kota Tanjungpinang Bobby Jayanto setelah resmi ditetapkan sebagai tersangka kasus dugaan rasis, Kamis (22/8).

Polisi memanggil Bobby Jayanto untuk dimintai keterangan. Ia terancam 5 tahun penjara atas dugaan pidato rasis ‘kulit hitam’ pada kegiatan sembahyang keselamatan laut di Pelantar 2 Tanjungpinang beberapa waktu lalu.

Bobby Jayanto ditetapkan sebagai tersangka oleh Satreskrim Polres Tanjungpinang setelah sebelumnya juga dilakukan gelar perkara pada Rabu (21/8) lalu.

“Secepatnya dalam waktu dekat kita panggil yang bersangkutan untuk dilakukan pemeriksaan di Polres Tanjungpinang,” kata Kasat Reskrim Polres Tanjungpinang AKP Efendri Alie, Kamis (22/8) dihubungi LintasKepri.

Alie belum dapat menjelaskan lebih jauh terkait pemanggilan terhadap Bobby Jayanto. Ia juga belum bisa memastikan apakah tersangka langsung ditahan atau tidak.

“Dipanggil saja belum lagi,” tegasnya.

Alie menjelaskan, saat gelar perkara, dua alat bukti telah terpenuhi dan penyidik berkeyakinan kasus ini memenuhi unsur pidana.

“Penyidik berkeyakinan memenuhi unsur pidana,” katanya.

Pada pemanggilan sebelumnya Bobby Jayanto diperiksa sebagai saksi. “Mulai hari ini kita naikkan menjadi tersangka,” tutur Alie.

“Beliau kita sangkakan melanggar Pasal 16 Jo Pasal 4 ayat 2 huruf B Undang-undang Nomor 40 Tahun 2008 tentang Penghapusan Diskriminasi Ras, ancaman hukuman 5 tahun penjara,” tambah Mantan Kapolsek Tanjungpinang Timur ini.

(cho)

Baca juga :

Top