Serahkan DPPA, Plt. Sekda Natuna Minta OPD Segera Realisasikan Program Kerja

Suasana rapat penyerahan DPPA Natuna tahun anggaran 2020.

Natuna, LintasKepri.com – Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) secara Nasional untuk tahun ini terpaksa mengalami refocusing dan rasionalisasi, hal tersebut adalah kebijakan dalam upaya menghadapi pandemi Covid -19.

Hal itu disampaikan oleh Bupati Natuna Abdul Hamid Rizal, melalui Plt. Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Natuna, Hendra Kusuma, saat menghadiri acara rapat terkait APBD, sekaligus menyerahkan Dokumen Pelaksanaan Perubahan Anggaran
(DPPA) tahun 2020 kepada seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang berada diwilayah Natuna.

Acara tersebut berlangsung di ruang rapat lantai II Kantor Bupati , Jalan Batu Sisir, Bukit Arai, Kecamatan Bunguran Timur. Selasa (01/09/2020) siang.

Plt. Sekda Natuna, Hendra Kusuma, saat menyerahkan DPPA kepada Kepala Disnakertrans Natuna, Hussyaini.

Pada kesempatan itu, Hendra Kusuma mengingatkan kembali bahwa, dengan diserahkannya DPPA tersebut, seluruh OPD harus segera merealisasikan program kerja anggaran sesuai perencanaan dan peruntukan sebagaimana yang tertuang dalam dokumen tersebut.

“Namun yang terpenting adalah dapat mengemas laporan realisasi secara lebih terukur, terbuka dan dapat dipertanggungjawabkan,” pinta Hendra.

Kata Hendra, hal ini akan mengakibatkan banyak kegiatan dan program kerja harus dipangkas serta dialihkan bagi operasional dalam penanganan penyebaran virus yang tak kasat mata itu.

“Seperti pengurangan aktivitas, baik dalam sistem pemerintahan, pembangunan maupun pelayanan,” ujarnya.

Para pimpinan OPD yang hadir.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah Kabupaten Natuna, Dicky Kusnadi juga memaparkan bahwa, tenggat waktu realisasi anggaran yang begitu sempit ini, bisa mengakibatkan program-program tidak dapat terealisasikan.

“Dikhawatirkan, program kerja OPD tidak bisa semaksimal terealisasikan dalam tahun ini,” ucap Dicky saat itu.

Kendati demikian, dirinya berharap, dengan anggaran perubahan tersebut, kegiatan OPD bisa dimaksimalkan.

“Terutama dalam upaya meningkatkan pelayanan kepada masyarakat maupun pembenahan infrastruktur dasar, dan berbagai sector prioritas,” tutup Dicky.

Acara tersebut dihadiri oleh sejumlah pimpinan OPD dan Camat se Kabupaten Natuna. (Erwin/Pro_Kopim)