Sekda Kepri Tak Tahu Ratusan TKA Asal Cina Masuk ke Bintan

Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Kepri, Arif Fadillah.

Kepri, LintasKepri.com – Sekretaris Daerah Provinsi Kepri, Arif Fadillah, mengaku tidak mengetahui perihal kedatangan ratusan Tenaga Kerja Asing (TKA) asal Cina untuk bekerja di PT Bintan Alumina Indonesia (BAI).

Menurutnya, kewenangan serta kebijakan mengenai ratusan TKA ini ada dibawah kendali pemerintah pusat bukan di pemerintah daerah.

“Saya tidak tahu persis hal itu. Karena ini langsung dari pemerintah pusat. Perjalanan masalah ini kita juga tidak tahu. Mungkin, ke Disnaker yang tahu,” ujar Arif Fadillah ketika menjawab pertanyaan awak media, di Tanjungpinang Timur, Kamis (13/8).

Terpisah, Plt Kepala Dinas Ketenagakerjaan Kepri, Abdul Bar, mengatakan, pihaknya sudah mengantongi data pekerja PT BAI.

Dari data tersebut, menurut dia jumlah TKA asing lebih sedikit dibandingkan dengan jumlah pekerja lokal. Untuk jumlahnya dia mengaku tidak mengetahui secara rinci.

“Jumlah yang masuk kemarin itu 331 orang. Namun untuk jumlah persis saya belum bisa memastikan. Intinya jumlah pekerja kita lebih banyak dari TKA,” tegas Abdul Bar.

Selain itu, dia beranggapan jika dokumen kerja para TKA tersebut sudah memenuhi syarat.

Kemudian, Abdul mengapresiasi jika beberapa waktu lalu PT BAI kembali membuka lowongan kerja untuk anak daerah.

“Kemarin PT BAI melalui Disnaker Bintan sudah membuka lowongan kerja untuk anak daerah. Alhamdulillah banyak yang mendaftar,” katanya.

(san)