Pemko Tpi

Sebanyak 143 JCH Asal Tanjungpinang Besok Pagi di Berangkatkan ke Mekkah

Lis-Syahrul saat melepas JCH asal Tanjungpinang di pelabuhan Internasional Sri Bintan Pura, (24/8).
Lis-Syahrul saat melepas JCH asal Tanjungpinang di pelabuhan Internasional Sri Bintan Pura, (24/8).

Tanjungpinang, Lintaskepri.com –  Sebanyak 143 Jemaah Calon Haji (JCH) asal Kota Tanjungpinang, diberangkatkan ke Embarkasi Batam melalui Pelabuhan Internasional Sri Bintan Pura Tanjungpinang. Suasana haru dan gembira pun menyelimuti keluarga yang akan menunaikan ibadah haji ke Mekkah, Senin (24/8).

Sejak pagi, Walikota Tanjungpinang, H. Lis Darmansyah, SH, dan Wakil Walikota, H. Syahrul, S. Pd, telah siap menunggu di ponton pelabuhan internasional, untuk mengantarkan JCH yang akan diberangkatkan menuju embarkasi Batam.

Walikota Tanjungpinang, Lis Darmansyah, mengaku senang mengantar para jamaah calon haji untuk berangkat ke tanah suci. Lis sendiri, telah memberikan tanda khusus bagi semua jamaah asal Kota Tanjungpinang, “Seperti peci, jadi, ketika disana, para pendamping dapat mengontrol jemaah dengan mudah,” ucap Lis.

Selain mengirimkan pendamping, Pemko Tanjungpinang juga mengirimkan tim medis, untuk menjaga kesehatan para jamaah selama beribadah, selama 38 hari di Tanah Suci Mekkah.

“Tetap menjaga kekompakan, saling menjaga satu sama lain dan yang terpenting jaga kesehatan, supaya pelaksanaan ibadah di sana dapat berjalan dengan lancar,” pesan Lis.

Sementara itu, Wakil Walikota Tanjungpinang, Syahrul, menjelaskan, dari 147 JCH Kota Tanjungpinang, ada 4 orang jamaah kita yang ditunda keberangkatannya pada kloter pertama ini, empat orang tersebut masih menunggu penyelesaian visa, “InsyaAllah, mereka akan kita berangkatkan pada kloter 15 dan akan bergabung dengan Provinsi Riau dan Kalimantan Barat, pada 14 September mendatang,” ungkap Syahrul.

Untuk kondisi masing-masing jamaah calon haji, lanjut Syahrul, sebelum diberangkatkan ke embarkasi Batam, para jamaah terlebih dahulu telah melakukan pemeriksaan kesehatan, ada delapan orang yang beresiko kesehatannya, namun setelah melakukan beberapa tahap pemeriksaan kesehatan, mereka lolos, dan ketika disana nanti, kedelapan orang itu akan terus didampingi oleh tim medis.

“Tahun ini, selama 15 hari di Mekkah untuk makan siang para jamaah di tanggung pemerintah Arab Saudi. Sementara pemko sendiri, telah memberikan bantuan, berupa transportasi serta perlengkapan jamaah, seperti tas yang bisa difungsikan jamaah untuk menyimpan barang-barang.

Syahrul pun berharap, kepada seluruh jamaah calon haji dapat pergi dan pulang ke Tanjungpinang dalam kondisi sehat dan menjadi haji yang mabrur.

Tepat pukul 09.00 WIB, JCH kota Tanjungpinang  berangkat menuju embarkasi batam, dengan menggunakan kapal ferry Oceana 6,direncanakan akan diberangkatkan dari embarkasi Batam ke Madinah pada pukul 06.00 wIB, esok harinya ada kloter pertama.

Pelepasan JCH Kota Tanjungpinang di hadiri Sekretaris Daerah Kota Tanjungpinang, Drs. Riono, M. Si, Unsur FKPD, SKPD Kota Tanjungpinang, Ketua GOW, Juariah Syahrul, Ketua DWP, Ersa Famella, serta Ibu Aisyah Sani.(Hum/Red)