Sakti Peksos Sosialisasi Terkait Maraknya Kasus Anak di Lingga

img-20180419-wa0024Lingga, LintasKepri.com – Satuan Bakti Pekerja Sosial Kementerian Sosial RI (Sakti Peksos) Kabupaten Lingga, Ike Monica, melakukan sosialisasi terkait maraknya kasus anak di wilayah Kabupaten Lingga, Kepulauan Riau.

Sakti Peksos bekerjasama dengan pihak sekolah untuk melakukan penyuluhan ke SD dan SMP se-Kecamatan Singkep.

Kegiatan dimulai dari 15 Maret hingga 20 April 2018. Sasarannya adalah anak usia 10 tahun hingga 15 tahun.

Ike menyampaikan, dengan adanya sosialisasi seperti ini dapat memberikan pemahaman kepada anak tentang kasus anak.

“Kita mengadakan sosialisasi ini dengan tujuan memberikan pemahaman kepada anak bahwa setiap pelanggaran yang dilakukan ada sanksi pidana nya,” ujar Ike.

Menurutnya, dengan adanya penyuluhan ini dapat mencegah bahaya kekerasan terhadap anak.

img-20180419-wa0024“Disini juga diharapkan dengan kegiatan penyuluhan ke sekolah-sekolah dapat mencegah bahayanya kasus kekerasan terhadap anak, baik kekerasan fisik maupun seksual,” katanya.

Kata Ike, tercatat dari awal Januari hingga 16 April 2018, ada 7 kasus yang melibatkan anak sebagai korban, dan ada juga anak sebagai pelaku yang terlaporkan.

“Diantaranya ialah 2 kasus pencabulan, 3 kasus kekerasan/penganiayaan, 1 kasus pencurian, dan 1 kasus tentang perlakuan salah. Dengan jumlah korban ada 4 orang anak dan pelaku berjumlah 5 orang,” tambah Ike.

Dia berharap, diselenggarakannya sosialisasi seperti ini, Kota Layak Anak untuk Kabupaten Lingga pun bisa terealisasi dengan baik.

“Dan hak-hak anak juga bisa terpenuhi sesuai dengan UU SPPA Nomor 11 tahun 2012,” katanya.

(*)

Baca juga :

Top